UDINUS ADAKAN RISET KESEHATAN BERSAMA UNIVERSITAS DARI CALIFORNIA


UDINUS ADAKAN RISET KESEHATAN BERSAMA UNIVERSITAS DARI CALIFORNIA

Berawal dari kiprah salah satu dosen Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang pernah menjadi pemakalah Internasional Conference di Vietnam, pada hari ini (23/1) ditandatangani Nota Kesepahaman antara FKes Udinus dengan Alliant International University (AIU) California Amerika.

 

Bertempat di ruang sidang Rektorat Gedung G Lantai 1, disaksikan oleh Rektor dan Dekan FKes Udinus, penandatanganan yang dilakukan oleh Wakil Rektor IV Bidang Riset & Kerjasama Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST., M.Kom dan Professor of Clinical Psychology AIU Suni Petersen, PhD. Kerjasama yang dijalin oleh kedua belah pihak meliputi riset bersama, pendampingan untuk proposal grant internasional, dan publikasi jurnal internasional.

 

Suni akan berada di kampus Udinus selama kurang lebih 40 hari hingga 3 Maret nanti. Dia bersama beberapa dosen dari FKes Udinus akan mengadakan riset di Kalibening Banjarnegara, mempelajari serta menilai perilaku kesehatan masyarakat disana. “Ada beberapa hal yang akan kami teliti, diantaranya pola menyusui, nutrisi anak, penggunaan jamban sehat, hingga perilaku merokok masyarakat Kalibening,” papar Suni menjelaskan risetnya.

Jika data telah didapat, para peneliti ini akan melakukan intervensi dengan langkah pelatihan kader, edukasi keluarga, untuk kemudian mengukur keberhasilan intervensi tersebut. “Kami berharap riset ini dapat mengubah pola hidup masyarakat menjadi lebih sehat. Seperti yang sudah saya lakukan di beberapa negara, yang juga bekerjasama dengan peneliti setempat. Para dosen sekaligus peneliti di Udinus ini sangat kooperatif, sehingga saya sangat optimis untuk keberhasilan kerjasama penelitian kami,” tambah Suni.

 

Keberadaan Guru Besar AIU dari California ini disponsori oleh Fulbright Specialist yang dikelola oleh Aminef, sebuah lembaga nonprofit di bidang pertukaran pendidikan yang berada dibawah naungan pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat. Kerjasama ini untuk universitas berkembang yang mendatangkan spesialis dari Amerika agar dapat berbagi ilmu dengan Udinus salah satunya. “Kedatangan Suni Petersen ini diharapkan dapat membawa banyak manfaat. Selain penelitian yang diadakan, diharapkan dapat menaikkan ranking riset universitas serta menambah publikasi jurnal internasional di Udinus,” tutup Dekan FKes DR. Dr. Sri Andarini, M.Kes. (*humas)

 

 

 

 

 

RISET BERSAMA : Udinus bersama Alliant International University hari ini (23/1) menandatangani nota kesepahaman untuk melakukan kerjasama dalam bentuk riset bersama, pendampingan untuk proposal grant internasional, serta publikasi jurnal internasional. Foto : Nining Sekar.

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)