Acara puncak Dinus Aplication Competition (Dinacom) 2017 yang diselenggarakan oleh Dian Nuswantoro Computer Club (DNCC) pada Minggu, (26/02) lalu berlangsung semarak. Dinacom merupakan kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

Kompetisi aplikasi tersebut terdiri dari kategori pelajar dan kategori mahasiswa. Di era yang serba digital ini, Dinacom terus mencari karya kreatif dan inovatif anak bangsa setiap tahunnya. Peserta harus mengirimkan aplikasi mobile, website, dekstop maupun multimedia buatannya. Tercatat sebanyak 200 tim mendaftarkan karyanya dalam Dinacom kali ini.

“kita seleksi dulu proposal yang masuk kemudian diambil 10 besar masing-masing kategori. Peserta yang lolos sampai tahap tersebut diundang presentasi ke Udinus” jelas Muhamad Nabil selaku ketua panitia. Seleksi awal dilakukan pada )13-19/02), kemudian semi final mengundang 10 besar finalis untuk presentasi ke Udinus pada Sabtu (25/02) lalu. Sedangkan puncak acara diselenggarakan pada Minggu (26/02) yang menyisakan 3 finalis di tiap-tiap kategori.

Aplikasi-aplikasi canggih karya anak negeri tersebut dinilai oleh dewan juri yang ahli dibidangnya. Ke-8 dewan juri tersebut adalah Dr. Pulung Nurtantio Andono (Udinus), ST.,M.Kom, Mohammad Sidiq, S.Si.,M.Kom (Pt Dinustech), Yunita Dwi Prasetyanti dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Hendro Subagyo Researcher dan Programmer di PDII, Dr. Ir. Nana Storada, SE.,MM Kepala bagian Pengolahan Data Elektronik (PDE) setda kota Semarang, Eri Kuncoro (Suara Merdeka), Novi Prastyawan (Kadin), dan Eko Hari Rachmawanto M.Kom (Udinus). “Ada beberapa unsur yang dinilai dewan juri adalah 20% keunikan, 25% potensi pasar, 20%fungsi dan fitur, 25% kualitas produk sekaligus metode pengembangan, terakhir 10% presentasi produk” tambah Nabil.

SMK N 8 Semarang keluar sebagai juara I di kategori pelajar dengan aplikasinya “Mospro”, disusul juara II dari SMK N 11 Bawang Banjarnegara dengan aplikasi “Mysecret”, sedangkan juara III di kategori pelajar diraih oleh MAN 11 Makassar dengan aplikasi “Mobile Ananta”. Di kategori mahasiswa, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya menjadi juara I dengan aplikasi “I-ON Smart Controller”, juara II diraih oleh STMIK AKAKOM Yogyakarta dengan aplikasi “Omah Simon” dan STMIK AMIKOM Purwokerto menjadi juara III dengan aplikasinya “Ternak-Ku.” (*humas)