Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun

[Sassy_Social_Share]

Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun

[Sassy_Social_Share]

Menindaklanjuti MOU yang telah ditandatangani oeh Rektor UDINUS dan Rektor UI, pada Kamis (6/8) FBS UDINUS mengirimkan tim kerjasamanya ke Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI. Hasil dari pertemuan di antaranya adalah disepakatinya kerjasama antara Fakultas Bahasa dan Sastra UDINUS dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI dalam bidang Tri Darma Perguruan Tinggi. Kedua pihak telah menyepakati beberapa program kerjasama, yaitu Credit Tranfer, Credit Earning, pengembangan sumberdaya manusia dalam hal kompetensi pengajaran dan penelitian, serta pemanfaatan fasilitas bersama. Kesepakatan ini rencananya akan ditandatangani secara resmi oleh Dekan FBS UDINUS, Achmad Basari, S.S., M.Pd. dan Dekan FIB UI pada 13 Oktober 2009 di hadapan dosen dan mahasiswa UDINUS. Dekan FIB UI, Dr. Bambang Wibawarta, sangat antusias dengan kerjasama ini, sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, mereka juga memikul tanggungjawab untuk membina universitas di Indonesia. Menurutnya FBS UDINUS telah berusaha dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan menggandeng kerjasama dengan FIB UI. Sementara itu, menurut Dekan FBS UDINUS, “Kerjasama ini diharapkan dapat secara nyata meningkatkan mutu kapasitas mahasiswa, dosen, serta aktifitas belajar mengajar di FBS UDINUS. Harapan lainnya Masyarakat akan lebih percaya untuk menguliahkan putera-puterinya di FBS UDINUS, baik di program studi Sastra dan Bahasa Inggris, Jepang, maupun Bahasa Cina karena ada kerjasama ini.”

Kerjasama dengan UI adalah salah satu dari kerjasama FBS dengan pihak lain. Sebelumnya telah terjalin juga dengan The Japan Foundation dalam hal penyediaan Native Speaker, materi-materi pembelajaran, dan pembimbingan kurikulum untuk program studi Sastra Jepang. Kerjasama dengan Indonesia International World Camp (IIWC) dalam hal penyediaan Native Speaker Bahasa Inggris. Juga dengan Fujian Teachers University China untuk program studi Bahasa Cina.

Di samping kerjasama yang sifatnya ngangsu kawruh dengan FIB-UI , FBS juga telah bekerjasama dengan beberapa pihak yang sifatnya untuk pembinaan dan pengabdian masyarakat. Di antaranya dengan pemerintah kota Semarang, SMA/SMK/MA, dan akademi bahasa asing di Solo.

LEMBAGA KERJASAMA