Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun

[Sassy_Social_Share]

Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun

[Sassy_Social_Share]

Mahasiswa Udinus Meraih Beasiswa dari Jepang

 

            Program Studi Sastra Jepang Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kembali mengukir prestasi tingkat nasional. Kali ini Faris Naufal Rukmana, mahasiswa tingkat 3 Sastra Jepang Udinus berhasil menyisihkan saingannya dalam merebut beasiswa yang ditawarkan oleh Monbukagakusho (Departemen Pendidikan dan Sains) Jepang untuk mengikuti pendidikan di Jepang selama 1 tahun.

            Monbukagakusho, atau departemen pendidikan dan sains Jepang menyediakan beasiswa terbatas bagi mahasiswa yang studi tentang Jepang (Sastra Jepang) untuk belajar ke Jepang selama 1 tahun dengan full scholarship. Beasiswa yang diterima meliputi biaya kuliah, biaya hidup untuk setiap bulannya, tiket pesawat PP Indonesia-Jepang, dan uang kedatangan.

            Faris setelah mengikuti seleksi tertulis yang diadakan terpusat di Jakarta (PSJ UI) berhasil lolos ke seleksi wawancara yang dilakukan di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Setelah mengikuti seleksi wawancara ini, seluruh berkas administrasinya dikirimkan ke Tokyo untuk diseleksi dan diadu dengan calon-calon lain dari seluruh penjuru dunia. Tahun ini, dari sekian banyak universitas di Jawa Tengah yang membuka program studi Sastra Jepang, hanya Faris mahasiswa program studi Sastra Jepang saja yang berhasil lolos hingga seleksi akhir dan berhasil memperoleh beasiswa tersebut. Faris yang akan berangkat ke Jepang tanggal 2 Oktober 2011 ini nantinya akan mengikuti perkuliahan di Hiroshima University, Jepang.

            "Satu lagi prestasi mahasiswa Udinus yang membanggakan kami sebagai civitas akademika Udinus, dan kami berharap ke depan, langkah saudara Faris dapat diikuti oleh adik-adik kelasnya", demikian apresiasi rector Udinus, Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom saat menerima Faris di ruang kerjanya.

            "Prestasi ini sangat membanggakan bagi kami civitas Fakultas Bahasa dan Sastra Udinus, di mana mahasiswa kami terbukti mampu bersaing secara nasional bahkan internasional dalam meraih beasiswa", demikian apresiasi dari Achmad Basari, S.S., M.Pd, dekan FBS Udinus.

            Dengan berhasilnya Faris menjadi penerima beasiswa Monbukagakusho Jepang untuk studi di Jepang selama 1 tahun, bertambah pula prestasi level internasional yang diukir oleh program studi Sastra Jepang Udinus di tahun 2011 ini, setelah sebelumnya, Andy Bangkit Setiawan, M.A., Ph.D. ketua Program Studi Sastra Jepang Udinus telah berhasil pula meraih hibah internasional dari Suntory Foundation yang bertempat di Osaka dan hibah internasional dari International Research Center for Japanese Studies (Nichibunken) di Kyoto, Jepang.

            "Kami berharap, ke depannya akan semakin banyak prestasi internasional yang diukir oleh staf dosen maupun mahasiswa Sastra Jepang Udinus sebagai bukti kualitas pendidikan yang dilakukan di lingkungan program studi Sastra Jepang Universitas Dian Nuswantoro Semarang", harap ketua Program Studi Sastra Jepang Udinus.

 

 

Foto: dari kiri ke kanan: Rektor Udinus Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom, Faris Naufal Rukmana, Ketua Program Studi Sastra Jepang Udinus Andy Bangkit Setiawan, M.A., Ph.D.