Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan di Program Studi (Prodi) D-3 Rekam Medis dan Ilmu Kesehatan (RMIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Monika Lastri membulatkan tekadnya untuk terjun sebagai Perekam Medis di kampung pulau kelahirannya, Kalimantan.
 
Tepatnya di Puskesmas Pembuangan Hulu, Kalimantan Tengah, dan menempati bagian sebagai Penerima Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) sekaligus mengelola ruangan filing atau rekam medis. 
 
Gadis yang akrab disapa Lastri tersebut dapat menekuni karirnya di tahun 2022, tepat setahun setelah lulus dari Udinus. Setiap harinya ia bertugas untuk menerima pasien hingga mengkode diagnosa penyakit yang ditentukan oleh dokter. Ungkapnya tugas itu tidak jauh dari apa yang sudah dipelajarinya selama berkuliah. 
 
“Usai menerima data dan keluhan dari setiap pasien, data tersebut akan dimasukan ke dalam dokumen rekam medis. Dokumen itu juga akan di sortir lagi antara yang menggunakan BPJS dan tidak, untuk melakukan e-claim BPJS, terakhir data di simpan kembali bersama dokumen rekam medis lainnya,” jelas gadis kelahiran Tumbangmanjul, 1 Januari 2000 itu
 
Karena masih bergelut di bidang rekam medis, Lastri mengaku mengaku ilmu yang didapatkan ketika berkuliah sangat berguna dalam pekerjaannya. Seperti sorting dokumen rekam medis sesuai dengan pedomen penomoran, serta memberikan kode diagnosa untuk setiap penyakit. Selain itu diajarkan juga tata cara komunikasi penerimaan pasien yang baik dan benar.
 
“Ada juga beberapa penyakit yang awalnya belum mendapatkan kode dari tenaga kesehatan disini,  saat saya bekerja disini, saya turut membantu agar semuanya lebih baik. pada saat ini,  semuanya sudah terpecahkan dan menjadi lebih rapi sesuai dengan prosedur rekam medis dan informasi kesehatan,” tambahnya. 
 
Alumni yang juga aktif berorganisasi itu juga mengaku mendapatkan banyak ilmu tambahan dengan aktif di Himpunan Mahasiswa Rekam Medis dan Ilmu Kesehatan (HMRMIK) sebagai anggota Humas. Seperti mengasah skillnya untuk berkomunikasi dengan banyak orang, khususnya hal itu diterapkan ketika menangani seorang pasien. 
 
Menurut Lestari, bidang kesehatan menjadi salah satu bidang yang akan selalu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Didukung dengan perkembangan teknologi, lulusan dari prodi RMIK akan banyak dibutuhkan oleh puskesmas dan rumah sakit. 
 
“Itu yang menjadi salah satu alasan saya untuk menekuni dunia rekam medis dan memutuskan untuk mendapat gelar di prodi RMIK Udinus. Selama berkuliah Udinus bisa memberikan atmosfer perkuliahan yang baik, didukung dengan dosen dan teman-teman yang selalu mendukung sayam” tutup gadis pemilik akun Instagram @lastri_nika. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Pribadi)