BERMULA DARI SEKADAR BERMAIN, MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UDINUS SITI AMINAH JADI ATLET PROFESIONAL TENIS MEJA

[Sassy_Social_Share]

BERMULA DARI SEKADAR BERMAIN, MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UDINUS SITI AMINAH JADI ATLET PROFESIONAL TENIS MEJA

[Sassy_Social_Share]

Nama Siti Aminah sudah tidak asing lagi sebagai atlet di cabang olahraga tenis meja.  Perempuan yang saat ini duduk di bangku kuliah Program Studi (Prodi) S-1 Manajemen Udinus itu sebelumnya memang sudah menjadi langganan menyabet kejuaraan di cabang olahraga tenis meja. Bahkan prestasinya berjejeran di tingkat nasional hingga internasional.

Beberapa pencapaiannya dari gadis yang akrab disapa ‘Aminah’ itu tiga diantaranya yaitu juara 1 Tunggal Inter Master Putri Liga Tenis Meja Terry Palmer 2023/2024, juara 1 Beregu Putri Kejurnas Tenis Meja PB PTMSI Manado 2022, juara 3 Junior Girls Single SEAJCTTC Bangkok 2022/2023.

Sejak masih di usia taman kanak-kanak (TK), ia mengaku sudah mulai bermain tenis meja. Awalnya, Aminah hanya mencoba ikut bermain dengan saudaranya saja. Semakin terbiasa bermain, ia merasa senang dan akhirnya memutuskan untuk meneruskan mengikuti jadwal latihan di sana. “Pada tahun 2020, saya bergabung dalam Persatuan Tenis Meja (PTM) Sukun,” tuturnya.

Memulai latihan sejak kecil, Aminah mengungkapkan sempat sedih karena kurangnya waktu bermain dibandingkan teman-temannya yang lain. Ketika teman-temannya bisa bermain bersama, dirinya harus mengikuti latihan.

“Namun emosi itu harus saya atasi, karena saya sendiri yang ingin menjadi atlet, jadi saya harus menerima konsekuensinya. Namun semua itu terbayar kan dengan prestasi yang sudah saya torehkan selama ini,” ujarnya tersenyum.

Gadis kelahiran Kediri itu juga menyebutkan bahwa pelatihnya selalu mengajarinya hal baru dan memberikan tantangan yang membuatnya lebih semangat ketika latihan. Mengikuti berbagai kejuaraan tenis meja hingga ke kancah internasional,

“Karena sering mengikuti perlombaan, saya bisa berinteraksi dan mendapat teman baru yang satu frekuensi dengan saya. Justru mereka berasal dari berbagai negara ketika saya iikut pertandingan internasional, dan dari itu jangkauan relasi saya juga semakin luas,” jelas gadis kelahiran tahun 2003 itu.

Meskipun sangat aktif sebagai atlet profesional dan juga mewakili tim garuda di ajang internasional. Aminah tidak lantas meninggalkan kewajibannya sebagai mahasiswa. Di sela-sela waktu latihan, ia tetap mengikuti perkuliahan secara daring. Hal itu juga dimudahkan dengan dukungan dari para dosen dan tim kemahasiswaan di Udinus.

“Alhamdulillah Udinus selalu mendukung atlet untuk terus berprestasi, sehingga tidak sulit untuk mengatur jadwal antara kuliah dan latihan. Ke depannya, saya berharap dapat mencetak prestasi-prestasi baru dan menjadi lebih baik dari sebelumnya,” akui gadis yang memiliki akun Instagram @sa_jackss itu.

Aminah juga berpesan kepada generasi muda, utamanya mahasiswa Udinus untuk menjalani dan menekuni dengan sungguh-sungguh sesuatu yang sudah dipilih.  “Buat teman-teman yang suka tenis meja, tetap semangat dan berkontribusi untuk tenis meja Indonesia mulai sekarang,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Pribadi)