Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) secara resmi menerima penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI. SK yang ditetapkan pada 25 Juli di Jakarta tersebut, mengenai Kenaikan Jabatan Fungsional Akademik Dosen kepada Dr. Pulung Nurtantio Andono, S.T., M.Kom., sebagai Guru Besar atau Profesor di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

Kegiatan dilangsungkan di Gedung H lantai 1 Udinus yang dihadiri oleh Ketua Yayasan, Tri Rustanti, S.E., M.M., dan Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom. Turut hadir pula, Wakil Rektor II Bidang Bidang Umum & Keuangan Udinus, Dr. Guruh Fajar Shidik, S.Kom., M.Cs., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus Dr. Kusni Ingsih, M.M., dan beberapa jajaran petinggi lainnya di Udinus.

Penyerahan Surat Keputusan (SK) Guru Besar diberikan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI yaitu Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., kepada Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom.  Kemudian SK tersebut diberikan kepada Dr. Pulung Nurtantio Andono, S.T., M.Kom., sebagai Guru Besar atau profesor ke-12 di Udinus. Dilanjutkan dengan penyerahan kenaikan jabatan fungsional akademik kepada Dr. Guruh Fajar Shidik, S.Kom., M.Cs., yang sebelumnya menyandang lektor menjadi lektor kepala.

Pada pidato pertamanya menyandang Guru Besar, Prof. Dr. Pulung Nurtantio Andono, S.T., M.Kom., mengatakan bahwa gelar tertinggi di jenjang Pendidikan di Indonesia yang diraihnya, bukan merupakan akhir namun merupakan awal dari sebuah perjuangan. Kedepan, Prof. pulung akan berupaya untuk terus meningkatkan jumlah inovasi yang mampu bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Gelar Guru Besar merupakan sebuah amanah dan menjadi tanggung jawab besar. Saya harap dengan adanya tambahan Guru Besar ini, Udinus semakin maju dan kedepan mampu menjadi World Class University,” Tegas Guru Besar terbaru dari Udinus.  

Sementara itu, Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., menyampaikan bertambahnya satu Guru Besar merupakan suatu momen yang harus disyukuri. Bertambahnya Guru Besar di bidang Teknik Informatika ini menjadi pemicu semangat pagi dosen lainnya.

“Prof. Pulung merupakan Guru Besar ke 12 di Udinus, tentu ini akan menambah kekuatan kami di bidang pendidikan. Karena perguruan tinggi memiliki salah satu peran penting dalam keberlangsungan peradaban bangsa, utamanya di bidang pendidikan,” ujar Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom.

Harapkan Guru Besar Baru Udinus Mampu Tingkatkan Inovasi

Gelar Guru Besar Atau profesor menjadi gelar tertinggi yang mampu diraih oleh seorang pendidik. Saat ini, Udinus telah memiliki 12 guru besar di berbagai bidang. Prof. Pulung yang resmi menyandang gelar guru besar pada 1 Juni tahun ini, merupakan guru besar termuda di Jawa Tengah pada bidang Teknik Informatika.

Dalam pidato selepas menyerahkan SK Guru Besar tersebut, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H memberikan ucapan selamat kepada Prof. Dr. Pulung Nurtantio Andono, S.T., M.Kom., atas pencapaiannya mampu meraih gelar tertinggi di jenjang pendidikan. Diharapkan Prof. Pulung Nurtantio Andono yang kini menyandang Guru Besar baru di Udinus, mampu meningkatkan inovasi dan Tri Dharma Perguruan Tingginya.

“Selamat kepada Prof. Dr. Pulung Nurtantio Andono, S.T., M.Kom., hari ini telah menerima satu pencapaian jenjang karier tertinggi secara akademis, tepatnya sebagai Guru Besar dalam bidang Teknik Informatika. Prestasi ini juga menjadi bagian dari Universitas Dian Nuswantoro dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM),” tegasnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)