Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) gelar kegiatan sharing alumni pada sesi fakultas di Dinus Inside hari kedua. Kegiatan berlangsung di Gedung G lantai 3 Udinus Semarang, Selasa. 5 September 2023.

Dalam kegiatan tersebut, tiga perwakilan alumni dari tiga program studi yang ada di FIB turut hadir untuk memotivasi mahasiswa baru. Di antaranya adalah Osel Nur, alumni Program Studi (Prodi) S-1 Bahasa Inggris. 

Alumni lulusan tahun 2013 itu sekarang bekerja sebagai anggota DPRD Kota Jepara. Ia mengungkapkan alasannya memilih Udinus, karena sebagai perguruan tinggi yang cukup terkenal. Selama berkuliah, dosen FIB memberikan dukungan penuh kepada mahasiswanya.

“Dosen-dosen FIB sangat menyenangkan, mereka juga suportif dan membantu mahasiswa dari awal masuk hingga lulus. Tidak lelah memotivasi mahasiswa untuk berprestasi di berbagai bidang” akunya.

Selanjutnya, pembicara kedua merupakan alumni Prodi S-1 Sastra Jepang, Milla Dewi Hartono, S.S. Saat ini ia mengibarkan sayapnya dan berkarir di Bandara Narita Jepang. Uniknya, motivasi berkarir di luar negeri muncul ketika mengikuti sesi sharing alumni ketika ia mengikuti kegiatan Dinus Inside di angkatannya. Milla juga memberikan tips untuk para mahasiswa baru yang ingin berkarir di luar negeri khususnya Jepang.

“Perbanyak belajar dari buku dan cari informasi magang di Jepang atau negara impian kalian, di Udinus semua itu sangatlah mungkin karena banyaknya mitra internasional yang bekerja sama langsung dengan Udinus,” terangnya.

Ia mengungkapkan ada ujian yang harus diikuti, yaitu tes JLPT N3. Dalam tes tersebut, ia lulus dan mendapat skor sempurna yaitu 100. Bahkan beberapa kali Udinus mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah JLPT wilayah Jawa Tengah. “Akhirnya saya berhasil untuk internship di Jepang. Saat lulus, saya ditawarkan pekerjaan di Bandara Narita Jepang,” lanjutnya.

Kegiatan ditutup dengan materi dari pembicara ketiga, Athariq Ghazilay, S.Tr., Par alumni Prodi D-4 Pengelolaan Hotel Angkatan 2019. Ale sapaan akrab nya, menceritakan pengalamannya sebagai mahasiswa udinus sangat menyenangkan karena fasilitas yang disediakan sangat lengkap dan menunjang kinerjanya.

“Selama saya berkuliah di Udinus, fasilitas bar dan kitchennya sangat lengkap. Dengan hal itu, menunjang kinerja saya pada saat mengikuti perlombaan yang membawa nama Udinus tentu saja. Saya sangat puas dengan pelayanan dan fasilitas yang ada di Udinus,” tutupnya. (WTDN/Yasinta/ Foto: WTDN)