Job Fair sukses digelar oleh Career Center Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), diikuti oleh puluhan perusahaan besar di seluruh Indonesia. Kegiatan yang ke-26 itu menjadi jembatani 3.490 alumni dan masyarakat umum untuk mencari  lapangan pekerjaan secara gratis.

Berlangsung di Aula gedung E lantai 3 Udinus, pada 2-3 Desember 2023. Job fair Udinus kembali digelar secara offline untuk pertama kalinya usai pandemi berakhir. Kegiatan ini memberi kesempatan untuk jobseeker dan perusahaan melakukan interaksi secara langsung. Hal itu dilakukan di beberapa booth yang diisi oleh perusahan-perusahaan yang hadir.

Kepala Pelayanan Alumni dan Karier Udinus, Dr. Sendi Novianto, S.Kom., M.T., melaporkan sebanyak 18 perusahaan ikut berpartisipasi pada job fair Udinus kali ini. Terdapat berbagai macam bidang perusahaan yang dapat dilamar oleh jobseeker. Perusahaan yang berpartisipasi antara lain bergerak di bidang, yaitu perbankan, software developer, garment serta food and beverage.

“Secara rinci tercatat 2225 jobseeker dari lulusan Udinus dan 1265 dari masyarakat umum. Kami ingin menjadi jembatan kesuksesan utamanya untuk mereka yang sedang mencari kerja. Job fair juga sebagai upaya Udinus dalam mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia khususnya di Kota Semarang,” ujarnya saat memberikan keterangan terkait job fair Udinus ke-26.

“Kami menerapkan sistem paperless, para jobseeker tidak perlu lagi membawa berkas apa pun karena cv sudah diunggah di sistem career center Udinus. Di lokasi job fair peserta hanya perlu scan barcode yang sudah disediakan di setiap booth perusahaan,” tambah Sendi.

Peserta Job Fair ke-26 Udinus Melakukan Scan CV ke Perusahaan
Menggunakan Sistem Paperless: Peserta Job Fair Udinus Kirim CV ke Perusahaan Melalui Scan Barcode

Job fair merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh Career Center Udinus. Setiap tahun akan diselenggarakan kurang lebih sebanyak tiga kali. Penyelenggaraan itu menyesuaikan dengan periode wisuda di Udinus. Dengan tujuan memberi manfaat kepada para lulusan untuk mendapat kesempatan terjun ke dunia profesional usai menyelesaikan perkuliahan mereka.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si., turut hadir dan memberikan sambutan. Dalam sambutannya, ia berharap job fair memberikan kesempatan untuk lulusan Udinus sebagai jobseeker dalam menjalin silaturahmi. Baik itu dengan jobseeker lainnya maupun dengan perusahaan. Supaya secara tidak langsung akan ada komunitas yang tercipta, untuk saling bertukar informasi terkait dunia industri.

Prof. Supriadi juga menyampaikan bahwa sejauh ini kurikulum yang diberikan di Udinus terus mengalami kemajuan. Salah satunya dengan penerapan Project Based Learning (PBL) untuk merelevansikan ilmu dengan dunia industri.

“Kami mengemas perkuliahan dengan kurikulum PBL yang memberikan contoh kasus di dunia industri kepada mahasiswa. Melalui job fair kami juga akan melihat seberapa tinggi relevansi kurikulum itu untuk dunia industri. Semoga alumni Udinus yang ikut berpartisipasi bisa mendapat pekerjaan sesuai yang diinginkan,” tutupnya.

Berbagai fasilitas juga ditawarkan dalam kegiatan job fair di Udinus. Seperti adanya stand makanan, stand untuk perlengkapan CV, sumber informasi. Serta aula yang dilengkapi dengan AC sehingga para jobseeker lebih nyaman dalam berinteraksi dengan perusahaan. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)