Secara rutin Program Sarjana Manajemen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) memberi wadah bagi mahasiswa untuk kembangkan kemampuan pemasaran. Wadah itu berupa ajang bernama Annual Creative Advertising Awards (ACA Awards) diikuti mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Manajemen Pemasaran. 

Ketua pelaksana Alvis Kusuma Waroqah Purnomoputra menjelaskan terdapat 6 kategori yang diperlombakan di ajang tahunan tersebut. Lomba itu antara lain best product label, best package, best brand name, best advertising, best visual effect dan best communication. Dalam proses penjuriannya, setiap kelompok harus melewati tiga sesi. Satu kelompok terdiri dari tiga sampai lima mahasiswa baik dari Udinus Semarang, Kediri maupun kelas internasional. 

“Tiga sesi ini diawali dengan sosialisasi yang diikuti oleh seluruh peserta. Dilanjutkan dengan penjurian yang dilakukan oleh dosen di luar mata kuliah Manajemen Pemasaran untuk 5 kelompok terbaik. Lalu yang terakhir ditutup dengan penganugerahan kepada 1 pemenang untuk setiap kategori,” jelasnya.

Aca Awards kali ini kembali mengusung tema Bertajuk ‘Recognizing the Best Educational Marketing with Creative Award Categories’. Diikuti oleh 472 mahasiswa untuk melakukan penilaian praktik manajemen pemasaran. Acara final diselenggarakan secara meriah di ruang aula gedung E lantai 3 Udinus. 

Ajang yang menggandeng Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) sebagai panitia itu juga dihadiri oleh 3 founder ACA Awards. Pada kesempatan itu mereka turut memberikan materi. Secara runtut materi itu berupa storyboard, behind the scene, television commercial, the power of packaging, dan juga branding produk.

FOTO BERSAMA: Seluruh juri dan peserta mahasiswa Manajemen Pemasaran berfoto usai mengikuti penganugerahan ACA Awards

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Udinus, Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto, MBA, PhD, berharap mahasiswa bisa memanfaatkan kegiatan ini. Serta sebagai wadah untuk menguasai teori pemasaran. Melalui pemasaran sebuah produk, maka akan lebih mudah dikenali oleh setiap pelanggan. 

 “Serta menjadi sarana promosi bagi FEB Udinus yang menunjukkan bahwa karya mahasiswa dapat membawa manfaat khususnya untuk UMKM,” harapnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. HMM Udinus)