Selaraskan tatanan seluruh akun sosial media (Sosmed), Humas dan Protokoler berkoordinasi dengan seluruh divisi di lingkungan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Pengarahan dikemas dengan diskusi bersama dan berlangsung di Ruang Serbaguna gedung D lantai 1 Udinus, pada Selasa (02/01/2023).
Pada koordinasi itu, dipimpin oleh Kepala Humas dan Protokoler Udinus, Dwi Utaminingsih, S.Kom., M.M. Didampingi oleh seluruh tim sosmed di Humas dan Protokoler Udinus. Diikuti oleh 28 peserta sebagai perwakilan dari 14 divisi. Baik dari divisi di tingkat universitas maupun fakultas yang memiliki akun instagram.
“Koordinasi ini akan menjadi awalan yang baik di tahun 2024 dan seterusnya untuk menyelaraskan wajah sosmed di lingkup Udinus. Keselarasan itu seperti warna, tatanan desain, hingga konten yang harus di unggah,” ujar Kepala Humas dan Protokoler Udinus yang akrab disapa Nining.
Ketentuan keselarasan itu dirangkum menjadi panduan berupa Graphic Standard Manual (GSM). Ungkap Nining, GSM sebelumnya sudah ada dan pada koordinasi ini dikenalkan kembali kepada seluruh divisi yang hadir. Selain dengan GSM, humas universitas juga akan memperkuat komunikasi antar divisi terkait konten sosmed.
“Setiap divisi yang ingin berkonsultasi dengan Humas Universitas juga kami sangat terbuka kapan pun. Hal itu bertujuan agar konten yang di unggah ke masyarakat dapat dikurasi dan dikonsistenkan tampilannya,” tambah Nining.

Secara detail divisi yang hadir antara lain, Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional Udinus, Lembaga Centre of Excellence (CoE) Udinus, Biro Akademik (Biak) Udinus, Biro Kemahasiswaan (Bima) Udinus, Biro Admisi Udinus, UPT Perpustakaan Udinus, Udinus Career Center (UCC), serta UPT Televisi Kampus Udinus (TVKU). Serta enam fakultas yang ada di Udinus saat ini.
Pada kesempatan itu, perwakilan dari Humas Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus, Anisa Larassati, S.S, M.Ling., ikut berbagi pengalaman selama menangani sosmed di fakultasnya. Sebelum mengikuti koordinasi tersebut, ia mengaku masih belum begitu mengenal (GSM).
“Dengan adanya koordinasi ini saya jadi lebih terbantu tentunya untuk meningkatkan kualitas konten. Serta menarik minat mahasiswa untuk mengikuti sosmed di tingkat fakultas juga, terutama di lingkup FIB Udinus,” ujarnya saat mengikuti diskusi bersama. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)