Tunjukkan pemahamannya mengenai huruf Kanji, mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Mohammad Fauzi berhasil eksis di kejuaraan nasional. Mahasiswa Program Sarjana Sastra Jepang itu meraih juara 2 pada perlombaan Kanji Takai, beberapa pekan lalu. 

Kejuaraan yang diikuti oleh 20 peserta dari seluruh indonesia itu diselenggarakan oleh Isshoni Tanoshimimashou (IT) 18. Diselenggarakan secara daring menggunakan platform zoom dan Quizizz. Pada ajang itu peserta diuji kemampuannya seputar huruf kanji dengan level menengah atau chuukyuu yakni N3 sampai N2. Penjelasan itu yang dijelaskan oleh Fauzi saat ditemui oleh tim Humas Udinus. 

Lebih lanjut, terdapat beberapa materi yang diujikan pada perlombaan tersebut. Secara rinci antara lain pengetahuan tentang kanji, cara baca kanji, cara tulis kanji, bagian-bagian kanji, antonim dan sinonim kanji, dan vocabulary tingkat N3-N2. Fauzi penyampaian ada beberapa persyaratan dan peraturan lomba yang harus dipersiapkan. 

“Beberapa hal yang saya persiapan seperti aplikasi maupun website Quizizz, peralatan spidol dan kertas HVS. Peserta juga diwajibkan membuat papan maru batsu sebagai salah satu media untuk menjawab soal,” jelasnya. 

“Format lomba dibagi menjadi tiga babak, yakni penyisihan, semifinal dan final. Dengan tingkat kesulitan soal yang semakin sulit, saya berhasil masuk ke babak final. Memperoleh xx poin dan keluar sebagai juara kedua,” imbuh Fauzi. 

Mampu Memahami Huruf Kanji, Mahasiswa Sastra Jepang Udinus Juara di Tingkat Nasional
PRESTASI BARU: Fauzi mahasiswa Sastra Jepang Udinus berfoto usai sesi wawancara dengan Humas Udinus di gedung D.

Menanggapi capaian tersebut, rasa bangga turus disampaikan oleh Ketua Program Sarjana Sastra Jepang Dr. Bayu Aryanto, SS., MHum. Pasalnya mahasiswa berhasil menunjukkan kemampuan yang mereka dapatkan selama berkuliah di Udinus. 

“Dengan mengikuti perlombaan, dapat mengasah kemampuan mahasiswa dan mendapatkan pengalaman berharga. Kami akan selalu memberikan dukungan yang maksimal bagi mahasiswa untuk terus berprestasi,” tutupnya.

Pada kesempatan ini, Program Sarjana Sastra Jepang Udinus berhasil membawa pulang dua juara. Selain untuk kategori Kanji Taikai, mahasiswi Jihan Hanifah juga berhasil juara 1 untuk kategori Shoudou.  (Humas Udinus/Haris. foto : Humas Udinus)