Usai menjalani berbagai proses pengumpulan dokumen dan visitasi, dua program sarjana dibawah naungan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) nampaknya berbuah manis. Dengan dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes), beberapa pekan lalu. 

Menjadi fakultas terbaru di Udinus, FK memiliki dua program studi yakni Pendidikan Profesi Dokter dan Sarjana Kedokteran. Akreditasi ‘Baik’ yang didapatkan sesuai yang tercantum dalam SK nomor 0034/LAM-PTKes/Akr.PB/Sar/I/2024 untuk Pendidikan Profesi Dokter. Serta  SK nomor 0035/LAM-PTKes/Akr.PB/Pro/I/2024 untuk Sarjana Kedokteran.

Lebih lanjut, Dekan FK Udinus Dr. dr. Hendriani Selina, SpA(K)., MARS., menyampaikan bahwa akreditasi Baik yang didapat membuktikan kualitas yang dimiliki Udinus. Baik dari segi kualitas dosen yang membimbing mahasiswa, fasilitas perkuliahan,  dan adanya kolaborasi antara fakultas dengan berbagai rumah sakit. Seperti Rumah Sakit Bhayangkara yang menjadi rumah sakit pendidikan utama, RSUD Gunawan Mangunkusumo, RSUD Tugurejo Semarang, serta Rumah Sakit Nasional Diponegoro.

“Pengakuan dari LAM-PTKes ini kami sambut dengan suka cita dan rasa bangga untuk seluruh civitas academica di lingkup FK Udinus. Semua kerja keras tim akreditasi saat membuat borang dan proses visitasi telah terbayar saat akreditasi Baik ditetapkan,” terang dr. Hendriani.

Sementara itu, Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, MKom., turut menyambut baik dengan terbitnya akreditasi tersebut. Harapannya capaian ini bisa menjadi motivasi untuk para dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan kualitas pendidikan di lingkup FK Udinus. 

“Tantangan selanjutnya yaitu meningkatkan kualitas dari kedua program studi. Karena masih terbilang baru, maka akan banyak hal yang bisa dikembangkan kedepannya. Semoga bisa memberi manfaat yang baik untuk dunia kedokteran di Indonesia,” pesannya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)