Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melalui tim peneliti CSAC melakukan pelatihan Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) dalam Pembelajaran Bermusik Gamelan. Melibatkan pegawai Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (BPTIK Dikbud) Jateng, belum lama ini.
Pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan aplikasi VR yang difokuskan pada pengembangan aset 3D melalui teknologi rekonstruksi 3D. Kegiatan itu dilakukan di Ruang Virtual Reality BPTIK Dikbud Jateng, Kota Semarang. Diselenggarakan selama dua hari pada Senin (22/01/2024) lalu.
Ketua Peneliti CSAC, Dr. Abdul Syukur menjelaskan kegiatan ini sebagai salah satu luaran dari kerja sama yang telah dijalin. Kerja sama antara FIK Udinus dengan BPTIK Dikbud Jateng. Terkait penelitian dan pengembangan karya berbasis teknologi informasi, komunikasi, serta kecerdasan buatan atau AI. Kemitraan ini dilakukan sebagai upaya mendukung pelaksanaan pendidikan sekaligus pelestarian budaya Jawa Tengah. Kali ini salah satu karya yang sudah dihasilkan adalah yakni ‘Gamelan Metaverse’.
“Sebagai salah satu karya inovatif, gamelan metaverse juga akan ditampilkan di galeri BPTIK Dikbud Jateng. Ditujukan sebagai salah satu objek pembelajaran ketika ada kunjungan dari sekolah maupun perguruan tinggi,” imbuh Abdul Syukur yang juga merupakan Dekan Fakultas Ilmu Komputer Udinus dan Ketua Tim Peneliti Gamelan Metaverse.
Pada pelatihan itu didampingi oleh beberapa tim peneliti CSAC dari dosen FIK Udinus yaitu Muslih, M.Kom., Ali Muqodas, M.Sn., dan Deddy Award Widya Laksana, M.Pd. Hadir pula pula Kepala BPTIK Dikbud Jateng Kristiawan Nurdianto, M.Kom., bersama pegawai dan siswa maupun mahasiswa magang di BPTIK Dikbud Jateng sebagai peserta pelatihan.
Pelatihan Photogrammetry
Pemaparan utama pada pelatihan kali ini diberikan oleh Sekretaris CSAC, Dr. Arry Maulana Syarif, S.S., M.Kom. Ia juga salah satu anggota Tim Peneliti Gamelan Metaverse. Materi yang disampaikan mencakup ‘Introduction to Photogrammetry: Creation of 3D assets through 3D modeling based on photographic data of physical objects’. Menurut Dr. Arry, Teknologi Photogrammetry ini digunakan untuk rekonstruksi 3D menggunakan potongan-potongan image/foto objek fisik di dunia nyata.
“Teknologi ini digunakan untuk mempercepat proses pemodelan objek 3D dengan tingkat kemiripan tinggi. Pelatihan lainnya meliputi instalasi dan pengoperasian VR Game Gamelan Metaverse, sekaligus melakukan simulasi acara pameran,” terang Arry yang juga Anggota Tim Peneliti Gamelan Metaverse.

PELATIHAN SIMULASI: Pegawai BPTIK Dikbud Jateng saat melakukan simulasi penggunaan perangkat Oculus di Ruang Virtual Reality BPTIK Dikbud Jateng
Sementara itu, Kepala BPTIK Dikbud Jateng Kristiawan Nurdianto, M.Kom., turut menyambut baik dengan adanya pelatihan dari Udinus. Pelatihan itu sebagai persiapan yang dilakukan untuk program roadshow yang akan menampilkan karya-karya inovatif. Karya yang bermitra langsung dengan BPTIK Dikbud Jateng.
“Kami akan melakukan roadshow ke beberapa sekolah di Kota maupun Kabupaten Jawa Tengah. Pada kesempatan ini tim peneliti CSAC memberikan pelatihan untuk mengelola dan mengoperasikan Gamelan Metaverse kepada pegawai BPTIK Dikbud Jateng,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. FIK Udinus)