Mampu membawa pulang sebuah prestasi merupakan sesuatu hal yang membanggakan, terlebih memborong pulang 14 medali sekaligus. Prestasi itu yang baru-baru ini diperoleh atlet Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk cabang olahraga Taekwondo. Medali itu mereka raih dalam perlombaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora).

Perlombaan itu mengusung nama Indonesian Student Sport Champion (ISSC) 2 Piala Kemenpora. 14 Medali yang diraih terdiri dari tujuh medali emas pada kategori Kyorugi yang diraih oleh Hanindra Agung N (Kategori U.87 Kg), Belinda Anastasia (Kategori U.62 Kg), Daffa Fauzan (Kategori U.58 Kg), M. Fernanda Izza (Kategori U.54 Kg), Ailsa Aulia Putri A (Kategori U.46 Kg), Yanuar Firmansyah S (Kategori U.63 Kg) dan Yustika Arya Bima A (Kategori U.68 Kg). Sementara itu, satu medali emas pada kategori Poomsae diraih oleh Ninda Regita P (Poomsae Individual Putri).

Empat medali perak pada kategori Kyorugi diraih oleh Bima Afkanur R (Kategori U.63 Kg), Gita Asmarani (Kategori U.57 Kg), Andika Apriyanto (Kategori U.68 Kg) dan Davin Surya S (Kategori U.54 Kg). Sementara satu medali perak untuk kategori Poomsae diraih oleh Dwi Devangga (Poomsae Individual Putra).  Bahkan pada ajang itu, berkat torehan puluhan medali, Udinus mampu menjadi juara umum dua.

Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus, Dr. Rindra Yusianto, S.Kom., M.T., mengaku bangga atas prestasi yang telah ditorehkan atlet Udinus. Khususnya mereka yang tergabung pada UKM Taekwondo. Menurutnya perjuangan dari mahasiswa untuk mampu berprestasi sangat luar biasa. Hal itu terlihat dari latihan mereka yang rutin dan bekerja keras.  Ia pun berharap prestasi itu dapat dipertahankan untuk ajang-ajang ke depannya.

“Saya ucapkan selamat untuk mahasiswa yang tergabung di UKM Taekwondo Udinus. Kami harap ini menjadi semangat untuk UKM-UKM lainnya agar tak mau kalah untuk berprestasi,” tegasnya.

Kompetisi ISSC 2 Piala Kemenpora digelar dengan semangat persaingan tinggi pada Kamis-Minggu, 25 hingga 28 April 2024 lalu dan di selenggarakan di GOR Ciracas Jakarta Timur.

Berbagai daerah di Indonesia serta beragam dojang/klub turut berpartisipasi pada event ini. Kejuaraan Taekwondo ISSC 2 Piala Kemenpora RI 2024 diikuti kurang lebih 2.000 atlet ini mempertandingkan dua kategori, yakni Kyorugi dan Poomsae. Bagian dari peserta kejuaraan ISSC 2 yakni pra-cadet, cadet, junior dan senior yang mewakili klub dari berbagai provinsi. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. UKM Taekwondo Udinus)