Berbagai cara dilakukan sebagai upaya mengenalkan Perguruan Tinggi (PT) Ke calon mahasiswa barunya. Salah satu dengan berkunjung langsung ke PT yang diidamkan. Seperti yang dilakukan oleh SMK Bhakti Kencana Subah dari Kabupaten Batang yang berkunjung ke Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) pada Selasa (30/4/2024).

Total 100 siswa SMK asal Provinsi Jawa Tengah itu didampingi oleh para pengajarnya berkunjung ke Udinus. Serta untuk mendalami sistem perkuliahan yang akan mengarah ke pengenalan Dunia Usaha dan Dunia Industri Kerja.

Kunjungan industri dan pendidikan tersebut untuk menambah wawasan para siswa. Harapannya bisa memberi alternatif setelah mereka lulus sekolah nantinya. “Menempuh pendidikan lanjut menjadi satu hal yang cukup sulit bagi lulusan SMK. Pasalnya mereka lebih cenderung langsung bekerja. Dengan hadir langsung ke Udinus, kami berharap siswa bisa mendapat sudut pandang baru untuk mempertimbangkan masa depan mereka lebih matang,” ujar Kepala Sekolah SMK Bhakti Kencana Subah, Widi Novianto, S.Pd., M.Pd.

Pada kesempatan itu, mereka dikenalkan dengan beberapa jurusan yang ada di FKes Udinus. Selanjutnya mereka berkesempatan untuk melihat langsung sarana prasarana yang ada. Seperti laboratorium dan ruang kelas yang digunakan mahasiswa FKes serta fasilitas lainnya. Sesuai dengan jurusan siswa yang hadir yaitu Keperawatan.

Dekan yang diwakili oleh Sekretaris Dekan, Dr. Nurjanah, SKM., MKes., kunjungan ke Udinus tepat sasaran sesuai dengan jurusan siswa SMK Bhakti Kencana Subah. FKes Udinus sangat terbuka untuk siswa yang tertarik untuk melanjutkan kuliah.

“Melalui kunjungan ini para calon mahasiswa dapat melihat lebih dekat kampus Udinus. Serta mempererat hubungan dengan pihak sekolah. Kami juga baru saja melakukan kerja sama dengan PT asal Taiwan untuk beasiswa kuliah dan pertukaran pelajar yang bisa menjadi pertimbangan para siswa,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)