34 Proposal Dosen Udinus Dapat Pendanaan dari Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemendikbud Ristek. Ini Daftarnya!

[Sassy_Social_Share]

34 Proposal Dosen Udinus Dapat Pendanaan dari Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemendikbud Ristek. Ini Daftarnya!

[Sassy_Social_Share]

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan kontribusi kepada masyarakat melalui penelitian. Baru-baru ini, puluhan proposal dari para dosen Udinus berhasil memperoleh pendanaan dari Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat pada Tahun Anggaran 2024.

Program tersebut digagas oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Diikuti oleh partisipan dosen dan dari ratusan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, di seluruh Indonesia.

Dr. Eng Yuliman Purwanto, M. Eng, selaku Kepala LPPM Udinus, mengungkapkan bahwa minat para dosen terhadap program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mengalami peningkatan yang signifikan. Data menunjukkan bahwa dari sekitar 60 proposal yang dikirimkan, 34 di antaranya berhasil mendapatkan pendanaan. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, terdapat peningkatan sekitar 50 persen.

“Kami sangat gembira dengan peningkatan ini. Membuktikan adanya perkembangan kualitas penelitian dan minat serta kontribusi para dosen. Kami juga telah mengimplementasikan berbagai strategi untuk mendorong lebih banyak penelitian dari para dosen,” ungkapnya.

Udinus berhasil menyumbangkan 34 proposal yang berhasil lolos, mencakup berbagai bidang seperti penelitian fundamental, penelitian terapan, hingga pengabdian kepada masyarakat. Total tersebut terdiri dari 21 proposal skema penelitian fundamental, 4 proposal skema penelitian terapan, 4 Proposal Skema Penelitian Pascasarjana-Penelitian Disertasi Doktor (PPS-PDD), 2 Proposal Skema Pengabdian Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM), 2 Proposal Skema Pengabdian Pemberdayaan Wilayah (PW) dan 1 proposal Skema pengabdian Pemberdayaan Desa Binaan (PDB).

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom., menyambut baik dukungan dan kepercayaan pemerintah ini. Beliau berharap bahwa para dosen Udinus akan terus termotivasi untuk melakukan penelitian yang bermakna. Untuk memberikan solusi bagi berbagai permasalahan yang dihadapi Indonesia.

“Dengan adanya dukungan ini, kami berkomitmen untuk melakukan penelitian yang lebih dalam dan relevan, yang dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat,” tandasnya. (Humas Udinus/Alex. Illustrasi: Humas Udinus)