Ini yang dinantikan pecinta budaya Jepang! Bunkasai Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) akan menghadirkan penampilan Bunka Hikari dan Guest Star. Kegiatan tahunan yang diusung oleh Program Sarjana Sastra Jepang Udinus ini mengusung tema ‘Kibou no Hikari’. Peserta dapat mengikuti keseruannya selama dua hari pada Sabtu-Minggu, 22-23 Juni 2024 mendatang.

Bunka Hikari yang akan ditampilkan oleh anggota mahasiswa Sastra Jepang Udinus akan menyuguhkan beberapa penampilan. Antara lain, Omikoshi sebuah festival tradisional Jepang membawa kuil atau altar portabel sebagai sebuah perayaan. Lalu Taiko yang memainkan seni drum besar dengan menggabungkan gerakan tubuh yang dinamis. Serta peragaan Chanoyu yang biasa dikenal ‘The Way of Tea’ sebagai upaya minum teh tradisional Jepang.

“Peserta juga akan disuguhkan penampilan energik Senbonzakura dan juga beberapa J-Music. Soran Bushi sebagai tarian tradisional nelayan dari Hokkaido sebagai bentuk penghormatan juga akan dibawakan dengan energi yang sama,” ujar Ketua Panitia Nihon Bunkasai Udinus 2024, Mahanael Ega Kharisma.

Lebih lanjut, Mahanael Ega Kharisma menambahkan bahwa Bunkasai yang merupakan langkah jurusan Sastra Jepang  mengenalkan budaya jepang kepada masyarakat. Selain penampilan Bunka Hikari, ada juga sederetan penampilan dari Guest Star lokal maupun ibukota.

menjelaskan Bunkasai merupakan upaya Udinus dalam mengenalkan jurusan Sastra Jepang. Kesempatan ini juga menjadi peluang bagi mahasiswa untuk megembangkan softskill mereka. Serta mengenalkan budaya Jepang kepada masyarakat umum. Seperti penampilan band J-Pop antara lain Cosmonout and Ape, Giga of Spirit, dan Rivier.

“Ada juga penampilan dari para idol dari berbagai wilayah antara lain Kirin Day, Equivalent, Eurifessa, Kohi Sekai, Twenty Nine Teens, Gochikara. Ditutup dengan permormance spesial dari Dj Hiramaki yang akan berlokaborasi bersama Sanity (Semarang Anikura Community),” imbuh Ega.

Ada juga guest star yang akan memeriahkan Bunkasai tahun ini diantaranya cosplayer Nekonoi Katsu. Buat kamu yang belum kebagian tiket pre-sale dan takut kehabisan tiket On The Spot (OTS). Sekarang sudah dibuka pembelian tiket secara online loh!! Buat yang ingin mengikuti rangkaian acara yang super meriah ini, sekarang adalah kesempatan kamu untuk mendapatkan tiketnya.

Pembelian tiket bisa langsung klik link berikut: https://bit.ly/BunkasaiUdinusTicket. Untuk info dan keterangan lebih lanjut terkait Bunkasai Udinus dapat melihat melalui instagram @bunkasai_udinus. Bunkasai terbuka untuk mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin mengenal budaya Jepang. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)