Organisasi kemahasiswaan di lingkup Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan dengan berhasil meraih pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek) untuk Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPK Ormawa). Sebanyak 14 Ormawa berhasil lolos seleksi dan mendapatkan pendanaan untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat di berbagai wilayah Indonesia.

Pendanaan yang diterima oleh puluhan ormawa tersebut akan diimplementasikan dalam program PPK Ormawa, di mana setiap ormawa yang lolos seleksi wajib melakukan pengabdian masyarakat di wilayah tertentu sesuai dengan tenggang waktu yang telah ditetapkan. Proses ini dimulai dengan pengajuan proposal kepada tim Dikti Ristek dan dilanjutkan dengan seleksi. Tahun ini, Udinus berhasil meloloskan puluhan PPK Ormawa yang diajukan oleh berbagai organisasi di lingkungan kampus.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M., menyatakan kebanggaannya atas capaian tersebut, baik dari tingkat fakultas maupun universitas. Dr. Kusni menekankan bahwa 14 ormawa yang berhasil meraih pendanaan akan menjalankan kegiatan pengabdian masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia. Ia juga berpesan agar para mahasiswa mampu menjalankan program dengan baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

“Prestasi yang luar biasa diraih oleh tim ormawa Udinus di PPKO kali ini. Kami melihat semangat tinggi dari para aktivis untuk menyelesaikan program pengabdian mereka di daerah yang telah dipilih,” ungkap Dr. Kusni.

Para ormawa di Udinus yang berhasil lolos dan mendapatkan pendanaan yakni Badan BEM FIK, HMKL, BIRO KSPM, DPM FEB, BEM FEB, Rumah Sahabat, Komunitas Kamadiksi, Doscom, DPM FIK, HMSI, HMTI, HMDKV, Biro DKV Udinus Kediri, Biro SI Udinus Kediri. Pada tahun ini, terdapat puluhan topik yang dapat dipilih oleh setiap Ormawa. Dari keseluruhan topik itu, telah dikelompokkan ke dalam empat klaster yakni Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan; dan Lingkungan.

Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus, Dr. Rindra Yusianto, S.Kom., M.T., menyatakan harapannya agar keberhasilan ini dapat menjadi motivasi bagi ormawa lainnya untuk terus menunjukkan prestasinya. Selain itu mampu berkontribusi dalam pembangunan masyarakat melalui program-program yang mereka jalankan.

“Kami harap untuk tahun-tahun selanjutnya banyak ormawa di Udinus yang terlibat dan meraih pendanaan di PPK Ormawa. Kami juga ucapkan selamat untuk ke 14 ormawa Udinus,” harapnya.

(Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. Kemahasiswaan Udinus)