Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berikan wadah bagi konten kreator muda untuk asah kreativitas mereka melalui lomba Moving Forw(art) with Yamaha Fazzio. Pendaftaran ajang kolaborasi dari Program Sarjana Terapan Animasi Udinus dengan Yamaha itu masih akan dibuka hingga 17 Juni 2024 mendatang.

Menurut laporan Pelaksana Lomba, Ristia Kadiasti, S.Sn., M.Sn, hingga saat ini sudah lebih dari 100 animator dengan karya animasi yang telah terkumpul. Para animator tersebar dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Seperti di Semarang, Solo, DIY, Jakarta, Surabaya, Malang. Bahkan hingga luar pulau Jawa seperti Balikpapan, Pangkal Pinang, Samarinda, Palembang, Padang hingga Makassar.

“Kesempatan untuk ikut mengembangkan potensi di bidang industri kreatif masih terbuka lebar. Kompetisi ini sebagai upaya Animasi Udinus untuk memberikan pengalaman berharga bagi konten kreator muda mengasah bakat mereka,” tuturnya.

“Dengan total hadiah 10 juta rupiah, dan juga puluhan juta rupiah beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Animasi Udinus maupun jurusan lainnya. Jangan lewatkan kesempatan emas ini, ayo daftarkan diri sebelum 17 Juni 2024 mendatang,” ajak Ristia yang juga dosen Animasi Udinus tersebut.

Bagi calon peserta yang ingin mengikuti kompetisi tersebut, dapat mendaftarkan diri secara online. Yaitu melalui website animasi.dinus.ac.id, atau bisa melihat info dan keseruan lainnya di Instagram @udinusofficial dan @yamahajateng.

Awarding akan dilakukan di Udinus pada 24 Juni 2024 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut peserta juga dapat menghubungi contact persons yang tertera di poster resmi Moving Forw(art) with Yamaha Fazzio.

Belum lama ini, guna memeriahkan komptisi tersebut Animasi Udinus juga sukses menggelar workshop Fazzio Inspiring Talk. Lebih dari 150 peserta dari SMK dan juga Mahasiswa Udinus ikut hadir di aula auditorium gedung H lantai 7 Udinus. Dihadiri oleh narasumber berkelas yaitu kreator animasi Tanduk Putih, Afa. Serta kreator animasi Amir Moci sebagai alumni Animasi Udinus, Muhamad Amir Khoirudin.

Pada kesempatan itu, hadir pula Kepala Promosi PT Yamaha Indonesia Manufacturing (YIM) DDS 3 Jateng-DIY Zaldiansyah Perdana. Ia optimis workshop tersebut sebagai upaya untuk menambah jumlah peserta. “Dunia industri kreatif seperti komik atau animasi menjadi peluang bisnis yang cukup bagus di era saat ini. Karena sudah tidak dipandang sebelah mata seperti dahulu,” tutupnya.