Pameran tugas akhir ‘Junimasi’ menjadi kegiatan rutin Program Sarjana Terapan Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Terdapat serangkaian kegiatan seperti pameran karya 2D, 3D, penayangan film animasi dan juga presentasi oleh mahasiswa semester akhir, pada Senin (24/06/2024).

Berkolaborasi dengan PT Yamaha, tahun ini mengusung tema ‘Moving Forw (Art) with Yamaha Fazzio’. Kegiatan kali ini juga dimeriahkan dengan perlombaan yang terbuka untuk siswa SMA/SMK, mahasiswa, dan masyarakat umum. Berlangsung di aula auditorium gedung H lantai 7 Udinus.

Terkait pameran tugas akhir, Ketua Program Sarjana Terapan Animasi Udinus, Dr. Khafiizh Hastuti, S.Kom, M.Kom., menjelaskan kegiatan tersebut sebagai bentuk apresiasi untuk mahasiswa. Terdapat 7 film terpilih karya mahasiswa yang diputar di hadapan dosen, mahasiswa lain dan peserta lomba Junimasi.

“Kegiatan rutin ini sudah menjadi budaya di Animasi Udinus untuk mempersiapkan lulusannya terjun di dunia industri. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa bisa memberanikan diri untuk menyampaikan karya mereka dan membranding diri sendiri,” jelasnya.

Usai pemutaran, HRD Studio Animasi Manimonki, Amin Wibawa, mengaku karya-karya mahasiswa Udinus terus menunjukkan perkembangan yang luar biasa. Berkat adanya inovasi, perbaikan-perbaikan, dan evaluasi kurikulum serta peningkatan kompetensi para dosen.

“Secara umum setelah melihat beberapa karyanya, mereka sudah cukup memadai untuk masuk ke industri kreatif. Terlebih saat ini kebutuhan SDM industri kreatif terus meningkat dan lulusan dibidang itu sangat dibutuhkan,” tutupnya.

Selain itu, narasumber bedah karya juga dihadiri oleh lulusan terbaik Animasi Udinus, Agita Surya. Setiap mahasiswa yang mempresentasikan karyanya turut diapresiasi dengan penghargaan. Yaitu sebagai Si Paling 2D, Si Paling 3D, Si Paling Story, Si Paling, Banyak Revisi, dan Si Paling Eksperimental. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)