Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan. Terbukti dengan pencapaian terbaru Prodi Sarjana Terapan Animasi yang berhasil meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pencapaian tersebut diresmikan melalui sertifikat akreditasi SK BAN-PT No. 4555/SK/BAN-PT/Ak/STr/VI/2024 yang secara resmi diterbitkan pada 4 Juni 2024.

Ketua Prodi Sarjana Terapan Animasi Udinus, Ketua Program Sarjana Terapan Animasi Udinus, Dr. Khafiizh Hastuti, M.Kom., menegaskan bahwa akreditasi unggul ini menjadi bukti nyata komitmen prodi. Khususnya dalam menghasilkan lulusan berkualitas yang siap berkontribusi bagi bangsa di dunia kreatif.

“Capaian unggul ini bukanlah akhir dari perjalanan untuk terus meningkatkan kualitas jurusan kami. Kedepannya baik dari segi akademik, fasilitas maupun aspek pengajar akan terus ditingkatkan. Agar kualitas lulusan kami semakin baik dan mampu bersaing di dunia profesional,” ujarnya.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus, Dr. Drs. Abdul Syukur, M.M., juga menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian prodi ini. Menurutnya, Indeks Kinerja Utama (IKU) dari setiap prodi terus diperhatikan dan dijaga kualitasnya, termasuk dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas.

“Akreditasi unggul terbaru ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kami. Sejalan dengan tujuan dari FIK Udinus agar jurusan-jurusannya mampu meraih akreditasi unggul. Mampu meluluskan mahasiswa yang kreatif untuk terjun ke industri maupun membangun wirausaha,” tegasnya.

Sebelumnya, FIK Udinus telah mencatatkan tiga prodi lainnya yang meraih akreditasi Unggul, yaitu Program Sarjana Teknik Informatika (TI), Program Sarjana Sistem Informasi (Sisfo), dan Program Sarjana Ilmu Komunikasi (Ilkom). Keberhasilan ini menunjukkan komitmen Udinus. Khususnya di lingkup FIK dalam menjaga kualitas pendidikan dan terus berbenah diri untuk meningkatkan mutu prodi yang ada.

Fasilitas penunjang perkuliahan yang memadai juga menjadi fokus utama Prodi Sarjana Terapan Animasi Udinus. Mahasiswa memiliki akses ke berbagai laboratorium animasi, studio multimedia, dan peralatan canggih lainnya yang mendukung kegiatan praktikum dan pengembangan kreativitas di bidang animasi.

Dengan akreditasi Unggul ini, Prodi Sarjana Terapan Animasi Udinus semakin siap melahirkan lulusan-lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia industri kreatif. Untuk terus memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan di Indonesia dan berperan aktif dalam mencetak generasi muda yang berprestasi. (Humas Udinus/Haris. Illustrasi: Humas Udinus)