Asean University Games (AUG) 2024 diikuti oleh 4000 atlet dari 11 negara, dimulai dengan persaingan demi meraih juara. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) turut serta dengan mengirimkan lima atletnya untuk mewakili Indonesia dalam lima cabang olahraga yang berbeda.

Mereka yakni Dinda Putri Lestari di cabor Taekwondo, Hera Irnandha di cabor Karate, Muhammad Albagir di cabor Futsal (ilkom), Ahmad Hafid di cabor Panjat Tebing dan Evi Yuliana di cabor Catur.

Dalam keterangan resminya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM, menyampaikan apresiasi kepada para atlet yang dipilih untuk mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional. “Kami memberikan dukungan penuh kepada para mahasiswa kami yang berjuang di tingkat regional, nasional, hingga internasional.,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dr. Kusni Ingsih menegaskan harapannya agar kelima mahasiswa tersebut mampu memberikan performa terbaik dan membanggakan Indonesia dalam gelaran ini. AUG 2024 sendiri dijadwalkan berlangsung di dua kota di Jawa Timur, yaitu Surabaya dan Malang. Kegiatan itu berlangsung mulai tanggal 25 Juni hingga 7 Juli 2024.

Kepala Biro Kemahasiswaan, Dr. Rindra Yusianto S.Kom, MT, menyampaikan bahwa partisipasi atlet Udinus di AUG 2024 menjadi kebanggaan bagi Udinus.

“Partisipasi atlet Udinus dalam Asean University Games (AUG) 2024 adalah sebuah prestasi yang membanggakan bagi kami sebagai institusi Pendidikan,” jelasnya.

Data yang dihimpun, Udinus menempati urutan keempat sebagai Perguruan Tinggi penyumbang atlet terbanyak di AUG 2024 bagi kontingen Indonesia. Beberapa cabor yang rencananya bakal dipertandingkan nanti yaitu atletik, renang, futsal, bulu tangkis, sepak takraw, basket, voli pantai, voli indoor, handball, wushu, dan Judo. Selain itu juga termasuk pencak silat, taekwondo, karate, panjat tebing, panahan, petanque, tenis, catur dan bridge.(Humas Udinus/Alex. Foto: Doc. Bima Udinus)