Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melalui Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan kegiatan donor darah untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada 14 Juni lalu. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Fakultas Kedokteran (FK) Udinus tersebut diikuti oleh civitas academica Udinus dan warga Kota Semarang.

KSR PMI Udinus bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi Semarang dalam menggelar kegiatan ini, yang telah menjadi bagian dari rutinitas ormawa yang bergerak di bidang Kepalangmerahan di Udinus. Pembukaan kegiatan donor darah ini dilakukan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M.

“Dalam kegiatan ini, Udinus melalui Ormawa KSR PMI bekerja sama langsung dengan RSUP Kariadi Semarang. Untuk mendukung kegiatan donor darah,” ujar Dr. Kusni Ingsih.

Dr. Kusni juga mengajak seluruh civitas academica Udinus dan masyarakat Kota Semarang untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Tujuannya untuk menjaga ketersediaan stok darah yang cukup di Kota Semarang.

PARTISIPASI MAHASISWI: Salah satu mahasiswi Udinus yang sedang melakukan donor darah di gedung K Fakultas Kedokteran Udinus.

Kepala Laboratorium Terpadu Unit Transfusi Darah (UTD) RSUP Dr. Kariadi, dr. Dik Puspasari, Sp.PA(K), menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan kantong darah yang kini mencapai 7000-8000 kantong per bulan di RSUP Dr. Kariadi Semarang.

“Selain membantu pasien yang membutuhkan, mendonorkan darah juga memiliki manfaat bagi penderma darah. Seperti meningkatkan produksi sel darah baru dan mengurangi risiko kanker,” jelas dr. Dik Puspasari.

Kegiatan ini diharapkan dapat terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah serta kontribusi positifnya bagi kesehatan masyarakat secara luas. Sebelum mendonorkan darahnya, penderma darah diharuskan mengisi mendaftar dan mengisi form yang diberikan oleh petugas.

Selepas itu, penderma darah diharuskan melakukan pemeriksaan tensi dan HB oleh tenaga medis. Hal itu dilakukan agar darah yang didonorkan sesuai dengan ketentuan yang diberikan. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)