Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dipercaya sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan bimbingan teknis pelaksanaan Pembelajaran Lampau tipe A Tahun 2024. Kegiatan ini diselenggarakan bagi perguruan tinggi yang menerima dukungan dari pemerintah dalam pengembangan pembelajaran.

Bertempat di ruang rapat Gedung H lantai 1 Udinus, lebih dari 200 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia turut serta dalam kegiatan ini. Bimbingan teknis ini, diresmikan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM, yang memberikan pengantar penting kepada para peserta.

Selama acara berlangsung, Dewi Wulandari S.Si, Koordinator Pembelajaran dari Direktorat Belmawa, Ditjen Dikti, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, memberikan penjelasan rinci mengenai RPL (Recognition of Prior Learning). Menurutnya, RPL adalah pengakuan terhadap hasil pembelajaran seseorang dari berbagai jalur, seperti pendidikan formal, nonformal, informal, dan pengalaman kerja, yang menjadi dasar untuk melanjutkan pendidikan atau menyamakan kualifikasi.

Dewi juga menekankan bahwa kegiatan bimbingan teknis ini merupakan langkah penting untuk memberikan pemahaman dan panduan kepada perguruan tinggi. Perguruan tinggi tesebut sebelumnya telah mendapat dukungan pemerintah dalam menyelenggarakan RPL Tipe A.

“RPL Tipe A sendiri dilakukan dengan mengakui sebagian hasil pembelajaran untuk melanjutkan ke pendidikan formal, termasuk pengakuan hasil belajar dari program studi sebelumnya, pendidikan nonformal atau informal, dan pengalaman kerja setelah lulus pendidikan menengah atau setara,” jelas Dewi.

Udinus Sebagai Tuan Rumah

Penyelenggaraannya di Udinus, bimbingan teknis pelaksanaan Pembelajaran Lampau tipe A Tahun 2024 ditangani langsung oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Kurikulum (LPPK). Bimbingan itu diberikan untuk menunjukkan komitmen dan kesiapan institusi dalam mendukung pembelajaran lampau tipe A.

Dalam kesempatan itu juga, Dr. Kusni Ingsih, MM, menyampaikan kebahagiaannya atas ditunjuknya Udinus sebagai tuan rumah untuk kegiatan ini. Ia pun berharap para peserta yang merupakan perwakilan dari PT di Indonesia, mendapatkan pemahaman secara detail mengenai pelaksanaan Pembelajaran Lampau tipe A.

“Tentunya kami sangat bangga dan bersemangat Udinus menjadi tuan rumah untuk kegiatan bimbingan teknis pelaksanaan Pembelajaran Lampau tipe A Tahun 2024,” ujarnya dengan antusias. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)