Udinus Berikan Nuansa Baru di Pameran Museum Abhirama dengan Inovasi Teknologinya | UDINUS - Universitas Dian Nuswantoro

Pameran Museum Abhirama yang diselenggarakan di Museum Ranggawarsita baru-baru ini berhasil diperkaya dengan kehadiran berbagai inovasi dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Salah satu sorotan utama adalah kehadiran Robot Gamelan Sekar Nuswantoro, E-Gamelan, VR Budhara, serta inovasi terbarunya yakni Virtual Museum turut dipamerkan.

Robot Gamelan Sekar Nuswantoro menghadirkan alunan musik Jawa yang memukau, menyambut pengunjung sejak awal pameran. Selain itu, Virtual Museum dan VR Budhara turut menarik minat pengunjung yang penasaran dengan teknologi terbaru dalam konteks pameran budaya.

Kehadiran Udinus dalam pameran ini juga didukung oleh Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi (BPTIK) Jawa Tengah. Dengan menampilkan inovasi-inovasi lainnya di booth yang dapat dikunjungi masyarakat umum. Pameran Abhirama diikuti oleh total 17 peserta, mayoritas berasal dari museum-museum ternama di seluruh Indonesia.

Pameran yang berlangsung dari Rabu hingga Minggu, 12-16 Juni 2024 lalu. Dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Uswatun Hasanah, S.Pd., M.Pd. Sugiharto selaku Kepala Museum Ranggawarsita, menjelaskan bahwa koleksi-koleksi yang dipamerkan kali ini dipilih dari berbagai museum terkemuka di Indonesia. Mencakup periode dari zaman Mataram Kuno hingga masa kini.

Dr. Ahmad Zainul Fanani, S.Si., M.Kom, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komputer Udinus dan juga peneliti CSAC Udinus, mengungkapkan bahwa kerja sama antara Udinus dan BPTIK Jateng berhasil menyajikan inovasi-inovasi yang memukau dan menghibur para pengunjung pameran. “Pengunjung banyak yang mencoba dan terkesan dengan teknologi VR Budhara dan Virtual Museum kami,” ujarnya.

“Menjadi suatu kebanggaan juga bagi Udinus karena mampu berkontribusi mengembangkan budaya lokal lewat inovasinya. Serta mengikuti pemaran bersama museum-museum terkemuka di Indonesia,” imbuh Fanani.

Dengan berbagai inovasi tersebut, Udinus berhasil menambahkan nuansa yang berbeda dan menarik dalam pameran Museum Abhirama 2024. Memperkaya pengalaman budaya dan teknologi bagi para pengunjung. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus