Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengadakan pelatihan khusus untuk melawan narkoba dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional 2024. Acara yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah ini berlangsung di aula auditorium gedung H lantai 7, Kamis (20/06/2024).

Pelatihan tersebut dikemas dalam Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM). Diikuti oleh perwakilan dari setiap Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Udinus. Dengan tema ‘Bersama Masyarakat Bergerak Melawan Narkoba’, acara ini bertujuan untuk memperkuat perlawanan terhadap narkoba di kalangan mahasiswa.

Komitmen Melawan Narkoba

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., menyatakan bahwa Udinus telah menjadi Kampus Bersinar (Bersih dari Narkoba) sebagai upaya nyata dalam menanggulangi peredaran narkoba.

“Mahasiswa adalah salah satu pasar utama pengedar narkoba, karena disini banyak berkumpul manusia. Kami rutin melakukan tes urin setiap semester untuk karyawan dan mahasiswa. Serta melarang asap rokok di setiap gedung, karena menurut BNN, perokok sering menjadi pintu masuk peredaran narkoba,” ujar Prof. Edi.

Prof. Edi juga menambahkan bahwa Udinus telah membentuk satgas narkoba untuk mendeteksi penyebaran narkoba lebih awal dan membatasi aktivitas di kampus hingga pukul 10 malam.

Kepala BNN Jateng, Brigjen Pol. Dr. H. Agus Rohmat, S.I.K., S.H., M.Hum., menyampaikan bahwa pelatihan melawan narkoba ini adalah langkah BNN bersama Udinus untuk mencegah dan memberantas penyebarannya.

“Mahasiswa harus berani menolak dan melaporkan jika mengetahui ada penyalahgunaan atau peredaran narkoba di lingkungan kampus. Kami juga menyediakan layanan rehabilitasi bagi masyarakat yang dilaporkan oleh satgas narkoba,” ungkap Brigjen Agus.

LKMM-TM ini tidak hanya fokus pada pencegahan narkoba, tetapi juga bertujuan meningkatkan soft skill mahasiswa, menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan jiwa kepemimpinan. Materi yang diajarkan mencakup pengembangan teknologi, digitalisasi dalam manajemen, dan penggunaan alat digital untuk meningkatkan efisiensi organisasi.

Materi disampaikan oleh dosen Udinus dan praktisi ahli di bidangnya. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Udinus dan BNN dapat terus bersinergi memerangi narkoba dan mewujudkan ‘Indonesia Bersinar’. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)