Atlet catur sekaligus mahasiswi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Evi Yuli Ana, menorehkan prestasi gemilang dengan meraih satu medali emas dan dua medali perak dalam Asean University Games (AUG) 2024. Prestasi tersebut berhasil membawa Indonesia meraih juara umum di cabang olahraga catur pada ajang internasional tersebut.

Evi, yang saat ini dudu di bangku Program Sarjana Bahasa Inggris di Udinus, berpartisipasi dalam beberapa kategori lomba. Medali emas diraihnya dalam kategori Standard Chess Women Team, sementara dua medali perak diperolehnya dalam kategori Rapid Chess Women Team dan Blitz Chess Women Team. Bersama tim Indonesia yang terdiri dari atlet-atlet kampus lain, Evi berhasil menunjukkan kemampuan caturnya di tengah persaingan ketat dengan 4000 atlet dari 11 negara yang berpartisipasi.

Dr. Kusni Ingsih, M.M., selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang diraih Evi. “Kemampuan Evi dalam bidang catur sangat luar biasa, mampu bersaing dengan atlet-atlet mancanegara. Membawa nama bangsa sekaligus almamater Udinus,” ujarnya.

“Harapannya prestasi Evi dapat menjadi inspirasi bagi atlet-atlet catur Udinus untuk terus meningkatkan kemampuan dan berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” imbuhnya.

Evi Yuli Ana Menerima Medali di ASEAN University Games 2024

AUG 2024, yang diadakan di UPN Surabaya, memperlihatkan dominasi Indonesia di cabang catur dengan meraih juara umum. Indonesia berhasil mengumpulkan 8 medali emas, 7 medali perak, dan 2 medali perunggu. Selain Evi, Udinus juga mengirimkan empat atletnya untuk mewakili Indonesia di cabang olahraga lainnya. Antara lain Dinda Putri Lestari (Taekwondo), Hera Irnandha (Karate), Muhammad Albagir (Futsal), dan Ahmad Hafid (Panjat Tebing).

Prestasi gemilang ini tidak hanya menjadikan Evi semakin eksis di kancah cabang olahraga catur. Tetapi juga membuktikan bahwa atlet-atlet dari Udinus mampu bersaing di kancah internasional. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)