Semarang – Puluhan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mendapatkan ilmu komunikasi kedokteran dari dr. Mariatul Fadilah, MARS., Ph.D., Sp.KKLP. Materi ini menjadi penting sebagai bekal bagi para mahasiswa saat nantinya terjun menjadi seorang dokter.

Kegiatan yang diadakan di ruang rapat H-1 tersebut dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Udinus, Dr. dr. Hendriani Selina, SpA(K)., MARS. Kuliah umum yang mengangkat tema “Komunikasi dalam hal tersebut” ini mengajarkan secara detail bagaimana menjadi dokter yang mampu beretika hingga berkomunikasi dengan baik kepada pasien.

Dr. dr. Hendriani Selina, SpA(K)., MARS, menjelaskan bahwa kuliah umum yang diisi oleh dr. Mariatul Fadilah merupakan langkah untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa. Keterampilan itu terutama dalam hal komunikasi. “Banyak dampak positif yang ditimbulkan jika menerapkan komunikasi yang baik dengan pasien. Salah satunya adalah pasien akan puas dengan pelayanan kita. Mahasiswa harus melatih kemampuan itu,” jelas Dr. dr. Hendriani Selina.

Sementara itu, dr. Mariatul Fadilah, MARS., Ph.D., Sp.KKLP, menekankan pentingnya komunikasi dalam praktik nantinya. “Komunikasi yang efektif antara dokter dan pasien dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pasien,” ujarnya.

Kuliah umum ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta kemampuan mahasiswa FK Udinus mengenai pentingnya komunikasi dalam praktik di dunia kerja. Sehingga mereka dapat menjadi dokter yang tidak hanya kompeten secara medis, tetapi juga mampu berkomunikasi dengan baik dengan pasien. Pada kulaih umum itu, mahasiswa mendengarkan setiap ilmu yang diberikan narasumber.

Menjadi fakultas terbaru di Udinus, FK memiliki dua program studi yakni Pendidikan Profesi Dokter dan Sarjana Kedokteran. Akreditasi ‘Baik’ yang didapatkan sesuai yang tercantum dalam SK nomor 0034/LAM-PTKes/Akr.PB/Sar/I/2024 untuk Pendidikan Profesi Dokter. Serta  SK nomor 0035/LAM-PTKes/Akr.PB/Pro/I/2024 untuk Sarjana Kedokteran.

Akreditasi Baik itu juga membuktikan dari segi kualitas dosen yang membimbing mahasiswa, fasilitas perkuliahan,  dan kolaborasi fakultas dengan berbagai rumah sakit. Seperti Rumah Sakit Bhayangkara, RSUD Gunawan Mangunkusumo, RSUD Tugurejo Semarang, serta Rumah Sakit Nasional Diponegoro.

(Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)