Semarang – Dr. Dhendra Marutho, M.Kom., berhasil menyelesaikan perjalanan akademisnya di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dengan meraih gelar doktor dibidang teknologi. Gelar doktor yang ia raih, didukung oleh disertasi berjudul ‘Optimasi Aspect-Based Sentiment Analysis Menggunakan Kombinasi Lemmatization-Sentence Transformers (SBERT)- Spare Attention Mechanism-Bayesian Optimization Berbasis Deep Learning’.

Sidang terbuka yang berlangsung di ruang rapat Gedung H lantai 1 Udinus dipimpin oleh ketua penguji sekaligus Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noerasongko, M.Kom., dan berjalan lancar. Dr. Dhendra menjadi lulusan pertama dari PDIK Udinus di tahun ini, menegaskan reputasi program ini yang telah terakreditasi ‘Baik Sekali’ oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor SK 11405/SK/BAN-PT/Akred/D/X/2021.

Purwanto, S.Si., M.Kom., Ph.D., Ketua Program Doktor Ilmu Komputer Udinus, menjelaskan bahwa keunggulan PDIK Udinus terletak pada kualitas pengajar dan sarana yang memadai untuk menunjang mahasiswa dalam proses pembelajaran.

“PDIK Udinus telah terbukti memiliki akreditasi ‘Baik Sekali’, menegaskan komitmen kami dalam memberikan pendidikan bermutu,” ujarnya.

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., mengapresiasi pencapaian Dr. Dhendra, seraya berharap gelar doktor tersebut dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan teknologi di Indonesia.

“Kami bangga dengan prestasi ini dan berkomitmen untuk terus mencerdaskan bangsa melalui PDIK Udinus,” tegasnya.

Pertahankan Disertasi

Dr. Dhendra Marutho, M.Kom., berhasil meraih gelar doktornya dan mampu mempertahankan dan mempublikasikan disertasinya. Dr. Dhendra menjelaskan bahwa dalam risetnya, ia mendalami lebih dalam mengenai aspek analisis sentimen dengan menerapkan beberapa metode sekaligus.

“Saat ini, analisis sentimen hanya sebatas positif, negatif, dan netral. Namun sebenarnya, dari sebuah kalimat dapat dieksplor lebih dalam untuk menggali berbagai aspeknya. Saya berharap disertasi ini dapat diimplementasikan untuk kemajuan lebih lanjut,” ujarnya.

Menyoroti kualitas pembelajaran di PDIK Udinus, Dr. Dhendra memberikan apresiasi atas sistem pendidikan yang luar biasa dan kemampuan pengajarnya yang mampu mengarahkan mahasiswa menuju kesuksesan akademis.

“Saya bangga menjadi bagian dari angkatan pertama di PDIK Udinus, sebuah kampus IT terbaik di Jawa Tengah dengan akreditasi prodi dan institusi yang sangat baik,” tambahnya.

Dalam pengembangan disertasinya, Dr. Dhendra dibimbing oleh Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si., sebagai promotor utama, serta dua Co-promotor, Purwanto, Ph.D., dan Dr. Muljono. Siding terbuka tersebut juga dihadiri oleh penyanggah eksternal, Prof. Ir. Paulus Insap Santosa, M.Sc., Ph.D., IPU, dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dengan berhasilnya Dr. Dhendra Marutho meraih gelar doktornya, Udinus sekali lagi menunjukkan komitmennya dalam menghasilkan lulusan yang unggul dan berkontribusi positif dalam pengembangan teknologi di Indonesia.