Semarang – Program Doktor Ilmu Komputer (PDIK) Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan meluluskan dua mahasiswa sekaligus. Kedua mahasiswa tersebut adalah Dr. Usman Sudibyo, S.Si., M.Kom., dan Dr. De Rosal, Ignatius Moses Setiadi, M.Kom. Keduanya berhasil meraih gelar doktor setelah sukses mempertahankan disertasi mereka yang mengupas tentang teknologi.

Sidang terbuka untuk mempertahankan disertasi digelar di ruang rapat Gedung H lantai 1 dan dipimpin oleh Ketua Penguji sekaligus Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si. Sidang berlangsung lancar dan dengan kelulusan Dr. Usman Sudibyo dan Dr. De Rosal, Ignatius Moses Setiadi, kini Program Doktor Ilmu Komputer Udinus memiliki sembilan dan sepuluh lulusan doktor. Kedua doktor baru ini juga berperan sebagai dosen di Program Sarjana Teknik Informatika (TI) Udinus.

Program Doktor Ilmu Komputer Udinus saat ini telah mendapatkan akreditasi ‘Baik Sekali’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan Surat Keputusan nomor 11405/SK/BAN-PT/Akred/D/X/2021 yang berlaku hingga 5 Oktober 2026. Ketua Program Doktor Ilmu Komputer Udinus, Purwanto, S.Si., M.Kom., Ph.D., menjelaskan bahwa program ini memiliki berbagai keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa, termasuk kualitas pengajar yang mumpuni serta sarana dan prasarana yang menunjang.

“Hal ini terbukti dengan akreditasi yang kami peroleh. Kami juga bangga atas prestasi Dr. Usman Sudibyo dan Dr. De Rosal, Ignatius Moses Setiadi yang telah berhasil meraih gelar doktor dan mempertahankan disertasi mereka di hadapan para penguji,” ujar Purwanto.

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom., yang turut hadir dalam sidang terbuka, menyampaikan rasa bangga dan ucapan selamat kepada kedua doktor baru tersebut. “Kami berharap gelar doktor ini bisa memberikan manfaat dan kontribusi besar bagi Indonesia. Melalui S-3 PDIK, Udinus berkomitmen untuk terus berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa dan melahirkan insan Indonesia yang kompetitif di dunia teknologi,” tegasnya.

Pada sidang tersebut, Dr. Usman Sudibyo membahas mengenai ‘Metode Perbaikan Fitur Berbasis Transformasi untuk Meningkatkan Kinerja Algoritma Klasifikasi’. Sementara itu, Dr. De Rosal, Ignatius Moses Setiadi membahas tentang ‘Pengembangan Fitur Citra Berbasis Filter Penajaman dan Tepi untuk Meningkatkan Kualitas Steganografi’.

Ketua Program Sarjana TI Udinus, Sri Winarno, Ph.D., turut menyatakan kebahagiaannya atas pencapaian kedua dosen di program yang ia pimpin. “Penambahan dua doktor baru ini akan memperkuat Program Sarjana TI Udinus dalam meningkatkan kualitas pengajaran kepada para mahasiswa. Kami berharap kehadiran doktor-doktor baru ini akan semakin menguatkan kami dalam mencetak generasi yang berkualitas,” tutupnya.