Sebanyak 41 atlet dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) turut berpartisipasi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara. Para atlet tersebut akan berlaga dalam 13 cabang olahraga, dan Udinus menjadi perguruan tinggi penyumbang atlet terbanyak di Jawa Tengah sehingga membuktikan komitmen kampu berakretiasi unggul itu terhadap dukungan prestasi mahasiswa di bidang olahraga.

Rinciannya, Udinus mengirimkan atlet untuk berbagai cabang olahraga (cabor). Yakni satu atlet angkat besi, dua atlet bola basket, sembilan atlet bola voli, satu atlet bola voli indoor, satu atlet Bulu Tangkis, dua atlet catur, dua atlet karate, dua atlet menembak, enam atlet panjat tebing, satu atlet squash, tujuh atlet taekwondo, lima atlet tenis meja, satu atlet kick boxing dan satu atlet wushu.

Sebelum keberangkatan, perwakilan atlet Udinus meminta restu dan doa kepada Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom. Dalam acara tersebut, mereka didampingi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Kusni Ingsih, M.M., serta Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus, Dr. Rindra Yusianto, S.Kom., MT.

Dalam sambutannya, Prof. Edi Noersasongko menegaskan bahwa dukungan Udinus terhadap para atlet tidak hanya terbatas pada aspek olahraga, tetapi juga pada pendidikan. menambahkan bahwa Udinus memberikan fasilitas pendidikan bagi para atlet karena memahami bahwa masa kejayaan seorang atlet tidak berlangsung lama.

“Kita tadi sudah berdoa bersama, semoga Allah mengabulkan doa-doa kita. Kami melihat masa kejayaan seorang atlet itu tak panjang,  Oleh karena itu, Udinus memberi fasilitas untuk menempuh pendidikan. Tapi tetap berprestasi, dan kuliah tetap yang benar, sehingga mereka siap terjun ke masyarakat, baik sebagai ilmuwan ataupun sebagai orang-orang yang berkontribusi lebih luas,” tuturnya.

Harapan besar pun disematkan pada para atlet yang akan berlaga di PON XXI 2024, agar mereka dapat membawa pulang medali dan mengharumkan nama Udinus. Rektor juga berpesan agar para mahasiswa mampu berjuang secara maksimal.

“Tentu kita semua mengharap mereka semua menjadi juara. Sehingga menjadi kebanggaan bagi kita semua, kebanggaan bagi UDINUS, bagi almamater, dan bagi keluarganya,” kata Prof. Edi.

Persiapan Para Atlet

Salah satu atlet, Dinda Putri, yang akan berlaga di cabang taekwondo, mengungkapkan persiapannya selama enam bulan terakhir. Secara keseluruhan Jawa Tengah memberangkatkan 12 atlet dan terdapat 6 atlet yang kini menempuh pendidikan di Udinus.

“Saya bersama tim taekwondo telah mempersiapkan diri selama 6 bulan. Saya di U-73 kilogram putri dan target di PON nanti dapat medali emas,” ujarnya dengan penuh semangat.

Dengan semangat juang yang tinggi dan dukungan penuh dari Udinus, para atlet ini diharapkan dapat memberikan yang terbaik di ajang PON XXI 2024, membawa kebanggaan bagi universitas dan daerah asal mereka. Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI pada tahun ini, memperlombakan 67 cabor. Ajang kompetisi olahraga terbesar di Indonesia, yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)