Program Doktor Manajemen (PDM) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar kuliah umum, sebagai langkah untuk mengedukasi mahasiswa baru tentang dunia asuransi. Acara tersebut menghadirkan Direktur Pengawasan Asuransi Umum dan Reasuransi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Munawar Kasan, sebagai narasumber utama.

Kuliah umum tersebut mengusung tema ‘Sustainability pada Bisnis Jasa Asuransi & Reasuransi dalam Menghadapi Tantangan Bisnis Digital’. Kegiatan yang berlangsung di Gedung I lantai 6 Udinus ini diikuti oleh puluhan mahasiswa baru PDM dan juga para dosen pada Kamis (05/09/2024) kemarin.

Kaprodi PDM Udinus, Prof. Dr. Amron, S.E., M.M., , dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kegiatan tersebut untuk memacu mahasiswa dalam menghasilkan karya akademik yang relevan dan berkualitas. Selain itu, juga untuk mendorong mahasiswa untuk melakukan riset dan meningkatkan publikasi jurnal ilmiah.  

“Kami menyoroti tantangan yang dihadapi dunia pendidikan tinggi saat ini, terutama dalam menghasilkan output yang tidak hanya berupa disertasi atau tesis, tetapi juga jurnal internasional bereputasi, konferensi terindeks, serta produk-produk lain seperti hak cipta dan buku,” terangnya.

“Fenomena yang disampaikan oleh OJK dalam kuliah umum ini dapat menjadi bahan riset yang sangat relevan. Masih banyak gap dalam literasi asuransi di masyarakat, dan ini bisa menjadi objek penelitian yang dapat dikembangkan lebih lanjut,” imbuhnya.

Pentingnya Pemahaman Asuransi

Sementara itu, dalam paparannya, Munawar menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya OJK untuk meningkatkan literasi asuransi di kalangan akademisi.

Kuliah umum tersebut bertujuan menambah pemahaman mahasiswa terkait asuransi, manfaatnya, dan langkah-langkah yang harus diambil terkait asuransi. Munawar juga mendorong mahasiswa untuk lebih aktif melakukan riset yang berkaitan dengan pengembangan industri asuransi.

“Kami dari OJK sangat mendukung riset-riset yang dilakukan kampus, terutama yang berkaitan dengan industri asuransi. Kami berharap apa yang disampaikan hari ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen, tetapi juga bisa disampaikan kepada masyarakat, terutama mengenai pentingnya literasi asuransi,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Munawar mengungkapkan bahwa industri asuransi di Indonesia terus menunjukkan perkembangan positif, baik dari sisi aset maupun premi. OJK sebagai pengawas terus memastikan industri ini tetap sehat, berintegritas, dan mampu memberikan kontribusi optimal bagi perekonomian nasional.

Kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi mahasiswa dan mendorong mereka untuk berperan aktif dalam pengembangan industri asuransi di masa depan. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)