Tim Udinus Tembus Final Entrepreneurship Award 2024 dengan Inovasi Bandeng Asap Cair, Perluas Pasar ke Jambi!

[Sassy_Social_Share]

Tim Udinus Tembus Final Entrepreneurship Award 2024 dengan Inovasi Bandeng Asap Cair, Perluas Pasar ke Jambi!

[Sassy_Social_Share]

Produk inovatif karya mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) bernama ‘Bandeng Asap Cair’ berhasil menembus babak final di ajang Entrepreneurship Award (EA) VIII 2024. Produk tersebut merupakan kelanjutan dari kesuksesan sebelumnya dalam program Wirausaha Mahasiswa (WMK) tahun lalu, dan kini mendapat pengakuan lebih luas di ajang nasional, meraih juara favorite dua.

Ketua tim Bandeng Asap Cair, Magumi Avrora Iftita, mengungkapkan bahwa capaian itu sangat membanggakan karena bersaing di antara ribuan peserta dari seluruh Indonesia. “Tentu kami sudah berusaha semaksimal mungkin dan senang bisa membawa produk kami ke tingkat yang lebih tinggi hingga dikenal lebih banyak orang,” terangnya.

Dari hampir 5000 proposal yang diajukan, hanya 100 proposal yang berhasil lolos ke tahap final di ajang yang diselenggarakan oleh Universitas Jambi. Magumi menjelaskan bahwa persiapan menuju final EA ini sangat menantang, terutama karena waktu yang terbatas.

“Setelah diumumkan lolos tahap proposal, kami hanya diberikan waktu seminggu untuk mempersiapkan video dan persiapan expo di Universitas Jambi. Tantangannya lebih ke persiapan yang mendesak, tapi semua bisa kami koordinir dengan baik,” ungkapnya.

Selain mengikuti kompetisi, tim Bandeng Asap Cair juga memanfaatkan kesempatan untuk memperluas pasar produk mereka hingga ke luar Pulau Jawa. Karena ajang tersebut diselenggarakan di luar Jawa yakni di Jambi, tim Bandeng Asap Cair melihat ada potensi besar di sana.

Dengan target memperkenalkan produk mereka di berbagai kompetisi kewirausahaan di luar Jawa, tim Bandeng Asap Cair berharap dapat terus berinovasi dan memberikan dampak positif pada UMKM di sektor makanan olahan di Indonesia.

“Saya yakin olahan makanan dari bandeng tidak begitu banyak ditemukan di Jambi, jadi saya membawa banyak produk Bandeng Asap Cair, dan alhamdulillah semuanya habis terjual di sana,” ungkap Magumi.

Anggota tim Bandeng Asap Cair terdiri dari lima mahasiswa, yaitu Angeline Dayatri W.D, Joseph Lampa Tuerah, Magumi Avrora Iftita, Mohammad Bakhrudin, dan Nila Mismaidah. Mereka tidak hanya berkompetisi untuk meraih kemenangan, tapi juga memperluas jaringan dan membranding produk Bandeng Asap Cair agar lebih dikenal luas.

Dengan target memperkenalkan produk mereka di berbagai kompetisi kewirausahaan di luar Jawa, tim Bandeng Asap Cair berharap dapat terus berinovasi dan memberikan dampak positif pada UMKM di sektor makanan olahan di Indonesia. (Huma Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)