Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali menorehkan prestasi gemilang di dunia penelitian. Salah satu riset yang berjudul ‘Pengembangan Bahan Alam Indonesia sebagai Green Inhibitor Korosi Berbasis Komputasi Material’, berhasil meraih penghargaan pada ajang bergengsi Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) Award 2024 dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si., yang hadir di acara bersama dengan anggota tim riset Udinus lainnya. Mereka yakni Dr. T. Sutojo, M.Kom., Dr. Muhamad Akrom, M.Si., dan Dr. Wahyu Aji Eko Prabowo.  

Turut hadir pula, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Udinus, Dr. Muljono, M.Kom.  Penghargaan yang diberikan oleh BRIN diselenggarakan di Auditorium Sumitro Djojohadikusumo Lantai 3 Gedung B.J. Habibie, Jalan M.H. Thamrin Nomor 8, Jakarta Pusat.  

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si., turut bangga dengan penghargaan yang diraih oleh para peneliti di Udinus,. Ungkapnya, penghargaan ini menempatkan Udinus sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang menerima BRIN RIIM Award 2024. Hal itu diraih tim riset Udinus setelah berhasil menyisihkan ribuan proposal dari berbagai universitas di Indonesia.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kinerja tinggi tim riset Udinus dalam menghasilkan kebaruan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkap Prof. Supriadi Rustad.

RIIM Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada tim periset yang dinilai berprestasi dalam mengembangkan inovasi berbasis riset, melalui skema pendanaan BRIN pada Direktorat Pendanaan Riset dan Inovasi.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko, menjelaskan bahwa RIIM Award diberikan sebagai bentuk dukungan negara terhadap peneliti yang telah berkontribusi signifikan dalam kemajuan riset di Indonesia. Ungkap Kepala BRIN pada siaran persnya, Pada tahun ini, RIIM Award diberikan dalam tiga kategori, yakni RIIM Kompetisi, RIIM Ekspedisi, dan RIIM Start Up.

“Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas luaran RIIM, BRIN menyelenggarakan RIIM Award sebagai bentuk dukungan negara terhadap penerima RIIM yang memiliki kinerja tinggi,” ujar Handoko.

Udinus berhasil mendapatkan penghargaan pada kategori RIIM Kompetisi Award, yang diberikan kepada tim yang mampu menghasilkan kebaruan teknologi. Prestasi ini membuktikan bahwa Udinus mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain dalam bidang tersebut. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. BRIN)