Alumni Sisfo Udinus, Hendriansyah tentang Pengalaman Bisnis kepada Peserta WMK: Pentingnya Konsistensi dan Reputasi Baik!

[Sassy_Social_Share]

Alumni Sisfo Udinus, Hendriansyah tentang Pengalaman Bisnis kepada Peserta WMK: Pentingnya Konsistensi dan Reputasi Baik!

[Sassy_Social_Share]

Hendriansyah, Alumni Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang kini sukses dengan bisnis SMEs Pack, berbagi ilmu dan pengalaman kepada ratusan mahasiswa yang mengikuti Program Wirausaha Merdeka (WMK) 2024. Dalam acara Kick Off WMK yang berlangsung beberapa pekan lalu, Hendriansyah menekankan pentingnya konsistensi dalam menjalankan sebuah usaha.

Hendriansyah mengatakan bahwa menjalankan startup harus punya konsistensi. Seperti jika usaha mahasiswa viisinya ingin ekspor, tentunya harus jalan terus ekspornya. Selain itu, konsistensi adalah kunci utama agar bisnis dapat berkembang dan memiliki reputasi baik di mata pelanggan.

Alumni Program Sarjana Sistem Informasi (Sisfo) Udinus menekankan kuncinya konsistensi seperti fokus dengan visi bisnis yang diinginkan. Contohnya ketika ingin fokus di bidang ekspor, maka penting untuk konsisten mengembangkan skill di ranah tersebut.

“Konsistensi juga dapat mengembangkan reputasi baik di mata mitra maupun konsumen. Visi bisnisnya jangan berubah-ubah dan membuat bingung pihak eksternal, karena itu akan mengurangi rasa kepercayaan mereka,” terang Hendriansyah.

Ia menceritakan perjalanan awal usahanya yang dimulai saat masih menjadi mahasiswa dengan mendirikan Culture Academy. Startup itulah yang membawanya menjadi mahasiswa berprestasi berbagai ajang.

Ajang itu antara lain memperoleh The Most Progress of Implementation di Ajang Melbourne-Bandung Innovation Series pitch Competition, dan Juara Dua dalam Ajang ITI – PII Young Innovation Awards.

Berkat konsistensi dan kerja kerasnya, startup milik Hendriansyah terus berkembang dan menggaet banyak relasi. Hingga akhirnya pada tahun 2023 bertransformasi menjadi SMEs Pack, sebuah platform agregator perdagangan B2B untuk mengatasi tantangan rantai pasokan dan distribusi.

“Saat ini, bisnis saya sudah memiliki klien dari berbagai sektor, seperti hotel, resor, vila, dan furnitur, bahkan hingga ke pasar internasional. Bisnis Kami menghubungkan UMKM dengan Pembeli Langsung dengan harga transparan dan kuantitas yang berkelanjutan,” jelasnya.

Pentingnya Reputasi Baik

Hendriansyah juga kembali menekankan bahwa konsistensi dalam memberikan kualitas produk dan layanan yang baik akan berdampak besar pada keberhasilan usaha. Dengan berbagi kisah suksesnya, ia berharap para peserta WMK dapat mengambil pelajaran penting dari perjalanannya.

“Reputasi yang baik akan membantu untuk memperluas jaringan pelanggan dan mendapatkan rekomendasi dari pelanggan yang puas. Jangan mudah menyerah dan tetap fokus pada tujuan utama usaha kalian,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Program WMK sebagai bagian dari upaya mencetak wirausahawan muda di Indonesia. Udinus terpilih menjadi salah satu Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) dari total 38 perguruan tinggi di Indonesia yang dipercaya untuk menyelenggarakan program tersebut. Tema WMK Udinus yakni ‘Precision Smart Technopreneurhsip’. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)