Mahasiswa Program Sarjana Bahasa Inggris Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) didorong untuk melakukan campaign, sebagai luaran mata kuliah Public Relation (PR). Campaign yang dilakukan oleh delapan mahasiswa itu mempromosikan salah satu destinasi wisata di Kota Semarang yakni Pantai Tirang.
Campaign yang diinisiasi oleh ‘Occasus Team’ itu dilakukan pada saat Car Free Day (CFD), tepatnya di Jalan Pahlawan Semarang pada Minggu (08/12/2024). Audiens yang mereka targetkan ialah seluruh kalangan, terutama anak-anak muda yang senang mencari tempat berwisata.
Delapan mahasiswa yang bergabung dalam tim di antaranya adalah Refa Aprilia Atiqwa D, Sariya Baita Rahma, Avicenia Nasywa K, Rico Johan Pramudia, Mervyn Wibisono, Fadli Andryanto P, Fransiscus Joseph Izhak Da Costa dan Gunawan. Atribut campaign yang mereka digunakan berupa brosur karya mereka sendiri, hasil dari observasi yang selama ini telah dilakukan.
Ketua Occasus Team, Fransiscus Joseph Izhak Da Costa mengungkapkan alasan pemilihan Pantai Tirang sebagai bahan kampanye mereka karena keindahannya. Menurutnya, keindahan Pantai Tirang layak dipromosikan dan mendapatkan lebih banyak pengunjung.
“Kami memilih Pantai Tirang karena belum terkenal seperti pantai Marina dan Pantai Maron. Pantainya nggak kalah bagus. Pasirnya putih, dan terdapat gazebo serta warung. Melalui campaign ini, kami berharapnya semua kalangan bisa kenal dan mengunjungi Pantai Tirang,” jelasnya.
Lebih lanjut, ia menyebutkan untuk mendapat jangkauan yang lebih banyak maka perlu lokasi campaign yang strategis. Strategis yang dimaksud adalah tempat tersebut dikunjungi oleh seluruh kalangan.
“Oleh karena itu, kami memanfaatkan momen CFD yang penuh dengan keramaian sebagai waktu dan tempat pelaksanaan campaign. Baik orang tua dan anak muda ikut kegiatan CFD. Harapan kami, pesan promosi kami dapat diterima semua kalangan,” terang ketua Occasus Team itu.
Selain melalui brosur, juga terdapat games dalam campaign tersebut. Audiens diminta untuk menceritakan tentang Pantai Tirang dan memfollow akun media sosialnya. Bahkan, ada pula undian berhadiah yang bisa diikuti.
Dosen pengampu PR untuk Program Sarjana Bahasa Inggris, Heni Indrayani, M.I.Kom., menjelaskan bahwa luaran campaign bertujuan untuk meningkatkan softskill mahasiswa. Dengan terjun langsung ke lapangan, mereka akan mendapatkan pengalaman baru menjadi seorang PR yang baik.
“Sesuai laporan dari mahasiswa, respon masyarakat kemarin di CFD banyak yang tertarik. Laporan itu merupakan hal baik, menandakan bahwa campaign yang telah dilakukan oleh mahasiswa memang berjalan dengan baik,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Humas Udinus)