“Dosen merupakan pilihan profesi yang sangat mulia karena memberi bekal kepada mahasiswa untuk masa depan mereka,” tutur Imam Nuryanto, salah satu dosen Program Studi S-1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).
 
Karir dosen yang akrab disapa Imam sebagai dosen sudah berjalan selama 10 tahun. Menurutnya, program studi manajemen merupakan pilihan yang tepat untuknya menekuni karir sebagai dosen. Selama menjadi dosen di Udinus beberapa prestasi yang pernah diraihnya yakni menjabat sebagai Kepala UPT Kewirausahaan pada tahun 2017 hingga 2020.
 
Pria kelahiran Demak, 1 November 1983 itu sudah banyak memberikan bimbingan kepada mahasiswa dan lolos dalam berbagai kompetisi Bisnis dan Kewirausahaan. Seperti pada Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K), Program Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI), Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM).
 
Mahasiswa yang lolos dari bimbingannya tersebut mendapat hibah dana usaha dalam pengembangan bisnis. Sampai saat ini, Imam masih aktif terlibat dalam pengelolaan dan pendampingan program yang berkaitan dengan kewirausahaan. “Program lainnya yang terbaru diantaranya adalah Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), dan penyusunan program Wirausaha Merdeka (WMK),” ujar Imam.
 
Berbagai upaya Imam lakukan untuk menanamkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa. Salah satunya tentu dengan kegiatan belajar mengajar di perkuliahan. Apalagi pada program studi manajemen memiliki tiga mata kuliah yang berhubungan dalam pengembangan kompetensi kewirausahaan bagi mahasiswa. “Tiga mata kuliah itu di antaranya adalah dasar kewirausahaan, start up business dan, kewirausahaan lanjut,” sambung pemilik akun instagram @mr.imamnuryanto itu.
 
Selain melalui kegiatan belajar mengajar, pria yang hobi membaca dan mendengarkan musik itu juga berpartisipasi dalam kegiatan seminar dan workshop kewirausahaan. Selama mendampingi mahasiswa Udinus dalam program wirausaha, Imam mengaku tidak mengalami kendala. 
 
“Menurut saya ekosistem wirausaha di Udinus sangat baik. Sarana dan prasarana dalam pengembangan wirausaha mahasiswa di Udinus sangat lengkap. Ini menjadikan Udinus sebagai tempat terbaik dalam menyalurkan ilmu kewirausahaan,” ungkap peraih lulusan terbaik saat menempuh sarjana ekonomi dan magister manajemen itu.
 
Imam juga berpesan kepada mahasiswa untuk menjadi agen perubahan dalam kemajuan bangsa. “Dengan kewirausahaan, teman-teman mahasiswa bisa turut serta ambil bagian sebagai agent of change untuk negara,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Pribadi)