PROGRAM STUDI
Teknik Informatika Kediri – S1
SAMBUTAN
Ketua Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1
Saya sangat senang menyambut Anda di Program Studi Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro. Kami adalah salah satu lembaga pendidikan dan penelitian ilmu komputer terbaik di Indonesia. Visi kami adalah menjadi program studi yang unggul di bidang teknik informatika, khususnya di bidang rekayasa perangkat lunak dan sistem cerdas. Kami juga menerapkan prinsip technopreunership dalam program akademik kami yang berfungsi untuk melayani semua kebutuhan karir Anda. Seperti yang telah terjadi selama bertahun-tahun, permintaan dalam industri ilmu komputer sangat kuat.
Berkaitan dengan tuntutan tersebut, Program Studi Teknik Informatika menawarkan fasilitas terbaik untuk membangun karir lulusan sebagai: data scientist junior, AI developer, game developer, software engineer, system administrator, network engineer, programmer dan technopreneur. Kurikulum kami memberikan pengetahuan dalam teori dan praktek. Semua siswa kami juga diberikan kesempatan besar untuk belajar dari dosen, ilmuwan, dan praktisi luar biasa dari seluruh dunia. Saya mengundang Anda untuk lebih jauh menemukan situs web kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang Program Studi kami. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut.
Salam,
Ketua Program Studi Teknik Informatika Kediri
Eko Hari Rachmawanto, M.Kom.
VISI & MISI
Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1
Visi
Menjadi Program Studi unggul di bidang informatika khususnya bidang rekayasa perangkat lunak dan sistem cerdas, yang berjiwa technopreunership dan berwawasan internasional.
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas di bidang Informatika yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan kewirausahaan.
2. Meningkatkan program penelitian di bidang informatika khususnya bidang rekayasa perangkat lunak dan sistem cerdas yang berkualitas dan berkelanjutan.
3. Meningkatkan program pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan berkelanjutan.
4. Menjalin kerjasama yang berdampak pada peningkatan kualitas mahasiswa, dosen dan organisasi.
AKREDITASI
Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1

PROFIL LULUSAN
Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1
Software Engineer
Pemrogram profesional yang menerapkan proses sistematis untuk memahami kebutuhan pengguna, bekerja dengan pengguna dalam merancang dan menulis program sebagai bagian dari tim pengembangan perangkat lunak, dan menerapkan prinsip-prinsip ilmiah untuk memecahkan masalah praktis.
Junior Data Scientist
Profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk membantu mengidentifikasi pengetahuan, sehingga mendukung peningkatan operasi organisasi dan memperoleh keunggulan kompetitif.
AI Developer
Profesional yang meneliti dan mengembangkan program untuk meniru proses berpikir dan menalar otak secara sistematis sehingga dapat diimplementasikan dalam bidang tertentu.
Network Engineer
Profesional yang merencanakan pemasangan atau perluasan jaringan komputer, melakukan konfigurasi kompleks pada server, hub, router, dan perangkat jaringan komputer lainnya, menulis skrip atau program untuk mengotomatiskan operasi jaringan.
System Administrator
Profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola pengoperasian sistem komputer atau jaringan dengan banyak pengguna sehingga dapat berjalan dengan andal dan memenuhi kebutuhan pengguna.
Game Developer
Profesional yang merancang dan mengembangkan game untuk komputer, konsol, dan perangkat seluler. Mereka terlibat dalam membuat desain dan membuat implementasi.

AKTIVITAS MAHASISWA
Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1
Kurikulum
Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | Semester |
---|---|---|---|---|
1 | F11.54102 | MATEMATIKA DISKRIT | 3 | 1 |
2 | AF201704 | Dasar Dasar Komputasi | 2 | 1 |
3 | F11.54105 | DASAR PEMROGRAMAN | 4 | 1 |
4 | U201704 | PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 1 |
5 | F11.54403 | ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER | 3 | 1 |
6 | F11.64103 | Dasar Pemrograman | 4 | 1 |
7 | F11.64101 | Kalkulus | 3 | 1 |
8 | F11.64102 | Fisika | 4 | 1 |
9 | N201705 | Pendidikan Agama | 2 | 1 |
10 | F11.54314 | PEMROGRAMAN BERBASIS WEB | 2 | 1 |
11 | F11.54101 | KALKULUS 1 | 4 | 1 |
12 | F11.54302 | FISIKA 1 | 4 | 2 |
13 | F11.54408 | PEMROGRAMAN WEB LANJUT | 2 | 2 |
14 | F11.54207 | RANGKAIAN LOGIKA DIGITAL | 2 | 2 |
15 | F11.54206 | ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN | 4 | 2 |
16 | F11.54404 | BASIS DATA | 3 | 2 |
17 | F11.54405 | REKAYASA PERANGKAT LUNAK | 3 | 2 |
18 | F11.54406 | LOGIKA INFORMATIKA | 3 | 2 |
19 | F11.64201 | Matriks dan Ruang Vektor | 3 | 2 |
20 | F11.64203 | Matematika Diskrit | 3 | 2 |
21 | F11.64205 | Interaksi Manusia dan Komputer | 3 | 2 |
22 | F11.64204 | Algoritma dan Struktur Data | 4 | 2 |
23 | F11.64202 | Organisasi dan Arsitektur Komputer | 3 | 2 |
24 | F11.64303 | Rekayasa Perangkat Lunak | 3 | 3 |
25 | F11.54506 | SISTEM INFORMASI | 3 | 3 |
26 | F11.64305 | Pemrograman Berbasis Web | 2 | 3 |
27 | F11.54501 | JARINGAN KOMPUTER | 3 | 3 |
28 | F11.64301 | Probabilitas dan Statistik | 3 | 3 |
29 | F11.64304 | Basis Data | 4 | 3 |
30 | F11.64302 | Logika Informatika | 3 | 3 |
31 | F11.64306 | Sistem Operasi | 3 | 3 |
32 | F11.54521 | PENGOLAHAN CITRA DIGITAL | 3 | 3 |
33 | F11.54505 | SISTEM BASIS DATA | 3 | 3 |
34 | F11.54303 | MATRIKS DAN RUANG VEKTOR | 3 | 3 |
35 | F11.54504 | REKAYASA PERANGKAT LUNAK LANJUT | 3 | 3 |
36 | F11.54306 | STRUKTUR DATA | 4 | 3 |
37 | F11.54608 | PEMROGRAMAN PERANGKAT BERGERAK | 3 | 3 |
38 | F11.54508 | STRATEGI ALGORITMA | 3 | 3 |
39 | F11.54401 | OTOMATA DAN TEORI BAHASA | 3 | 4 |
40 | F11.54605 | KECERDASAN BUATAN | 3 | 4 |
41 | F11.54806 | DATA MINING | 3 | 4 |
42 | F11.54822 | PROYEK PERANGKAT LUNAK | 3 | 4 |
43 | F11.64403 | Pemrograman Berorientasi Objek | 4 | 4 |
44 | F11.54301 | PROBABILITAS DAN STATISTIK | 3 | 4 |
45 | F11.64406 | Sistem Basis Data | 2 | 4 |
46 | F11.54402 | PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK | 4 | 4 |
47 | F11.64402 | Jaringan Komputer | 3 | 4 |
48 | F11.54507 | SISTEM OPERASI | 3 | 4 |
49 | F11.64401 | Otomata dan Teori Bahasa | 3 | 4 |
50 | F11.64407 | Rangkaian Logika Digital | 3 | 4 |
51 | F11.64404 | Pemrograman Web Lanjut | 2 | 4 |
52 | F11.64405 | Pembelajaran Mesin | 3 | 4 |
53 | F11.64505 | Kecerdasan Buatan | 3 | 5 |
54 | F11.64502 | Penambangan Data | 3 | 5 |
55 | N2017051 | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | 2 | 5 |
56 | F11.64501 | Sistem Terdistribusi | 3 | 5 |
57 | N2017052 | PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK | 2 | 5 |
58 | F11.64506 | Kriptografi | 3 | 5 |
59 | N201706 | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | 2 | 5 |
60 | N2017053 | PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN | 2 | 5 |
61 | F11.64603 | Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak | 3 | 5 |
62 | N201702 | Bahasa Inggris | 2 | 5 |
63 | N2017054 | PENDIDIKAN AGAMA BUDHA | 2 | 5 |
64 | F11.64503 | Sistem Informasi | 3 | 5 |
65 | AF201702 | Literasi Informasi | 2 | 5 |
66 | N2017055 | PENDIDIKAN AGAMA HINDU | 2 | 5 |
67 | F11.64610 | Sistem Tertanam | 3 | 5 |
68 | F11.64717 | Lingkungan Cerdas dan Intelijen | 3 | 5 |
69 | F11.64504 | Manajemen Proyek Teknologi Informasi | 3 | 5 |
70 | F11.54503 | KOMPUTER GRAFIK | 3 | 5 |
71 | F11.54703 | MANAJEMEN PROYEK | 3 | 5 |
72 | F11.54202 | FISIKA 2 | 4 | 5 |
73 | F11.54205 | ETIKA PROFESI | 2 | 5 |
74 | F11.64708 | Pemrosesan Bahasa Alami Berbasis Teks | 3 | 5 |
75 | F11.64706 | Pemrograman Sisi Klien | 3 | 5 |
76 | F11.64712 | Penglihatan Komputer dan Analisis Citra | 3 | 5 |
77 | F11.64605 | Pemrograman Perangkat Bergerak | 3 | 6 |
78 | F11.54606 | KRIPTOGRAFI | 3 | 6 |
79 | F11.64713 | Analisis Data | 3 | 6 |
80 | F11.54603 | INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER | 3 | 6 |
81 | F11.54607 | METODOLOGI PENELITIAN | 2 | 6 |
82 | F11.54201 | KALKULUS 2 | 4 | 6 |
83 | F11.54609 | SISTEM TERDISTRIBUSI | 3 | 6 |
84 | F11.54836 | PENGOLAHAN CITRA DIGITAL LANJUT | 3 | 6 |
85 | A12.66621 | ANALITIKA MEDIA SOSIAL | 4 | 6 |
86 | F11.54829 | SOFTWARE REQUIREMENT ENGINEERING | 3 | 6 |
87 | A14.27615 | FOTOGRAFI DESAIN | 3 | 6 |
88 | A12.66603 | PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI | 3 | 6 |
89 | F11.64601 | Komputasi Numerik | 3 | 6 |
90 | A14.27608 | KOMUNIKASI VISUAL PERIKLANAN | 4 | 6 |
91 | F11.64604 | Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek | 3 | 6 |
92 | U201701 | Dasar Kewirausahaan | 2 | 6 |
93 | F11.64611 | Keamanan Sistem dan Siber | 3 | 6 |
94 | N201701 | Bahasa Indonesia | 2 | 6 |
95 | F11.64718 | Internet of Things | 3 | 6 |
96 | N201707 | PENDIDIKAN PANCASILA | 2 | 6 |
97 | F11.64602 | Pengembangan Startup Digital | 2 | 6 |
98 | F11.54811 | RISET OPERASI | 3 | 6 |
99 | F11.64606 | Komputer Grafik | 3 | 6 |
100 | F11.54814 | OBJECT ORIENTED ANALYSIS AND DESIGN | 3 | 6 |
101 | F11.64709 | Pemrosesan Bahasa Alami Berbasis Ucapan | 3 | 6 |
102 | F11.54834 | WIRELESS & MOBILE COMPUTING | 3 | 6 |
103 | F11.64607 | Pengolahan Citra | 3 | 7 |
104 | F11.64707 | Pemrograman Sisi Server | 3 | 7 |
105 | F11.64704 | Tugas Akhir 1 | 2 | 7 |
106 | F11.64703 | Bengkel Koding | 2 | 7 |
107 | F11.64710 | Pemrograman Game | 3 | 7 |
108 | F11.64701 | Kerja Praktek | 2 | 7 |
109 | F11.54837 | GAME PROGRAMMING | 3 | 7 |
110 | F11.64715 | Manajemen Jaringan | 3 | 7 |
111 | F11.54835 | NETWORK MANAGEMENT | 3 | 7 |
112 | F11.64104 | Keterampilan Interpersonal | 2 | 7 |
113 | F11.54815 | PEMODELAN DAN SIMULASI | 3 | 7 |
114 | F11.54812 | METODE NUMERIK | 3 | 7 |
115 | F11.64714 | Komputasi Quantum | 3 | 7 |
116 | F11.54823 | SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI | 3 | 7 |
117 | F11.64702 | Metodologi Penelitian | 2 | 7 |
118 | F11.54701 | BIMBINGAN KARIER | 2 | 7 |
119 | F11.54728 | SOFTWARE QUALITY & TESTING | 3 | 7 |
120 | AF201703 | TECHNOPRENEURSHIP | 2 | 7 |
121 | F11.54705 | TUGAS AKHIR 1 | 2 | 7 |
122 | F11.54702 | KERJA PRAKTEK | 2 | 7 |
123 | F11.54801 | TUGAS AKHIR 2 | 4 | 8 |
124 | F11.64608 | Sistem Temu Kembali Informasi | 3 | 8 |
125 | F11.64802 | Etika Profesi | 2 | 8 |
126 | F11.64801 | Bimbingan Karir | 2 | 8 |
127 | F11.64705 | Jaminan Kualitas Perangkat Lunak | 3 | 8 |
128 | F11.64803 | Tugas Akhir 2 | 4 | 8 |
129 | F11.64716 | Forensik Digital | 3 | 8 |
130 | F11.64711 | Pengembangan Game | 3 | 8 |
131 | F11.64609 | Komputasi Awan | 3 | 8 |