PROGRAM STUDI

Teknik Informatika Kediri – S1

SAMBUTAN

Ketua Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1

Eko Hari Rachmawanto, M.Kom.

Saya sangat senang menyambut Anda di Program Studi Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro. Kami adalah salah satu lembaga pendidikan dan penelitian ilmu komputer terbaik di Indonesia. Visi kami adalah menjadi program studi yang unggul di bidang teknik informatika, khususnya di bidang rekayasa perangkat lunak dan sistem cerdas. Kami juga menerapkan prinsip technopreunership dalam program akademik kami yang berfungsi untuk melayani semua kebutuhan karir Anda. Seperti yang telah terjadi selama bertahun-tahun, permintaan dalam industri ilmu komputer sangat kuat.

Berkaitan dengan tuntutan tersebut, Program Studi Teknik Informatika menawarkan fasilitas terbaik untuk membangun karir lulusan sebagai: data scientist junior, AI developer, game developer, software engineer, system administrator, network engineer, programmer dan technopreneur. Kurikulum kami memberikan pengetahuan dalam teori dan praktek. Semua siswa kami juga diberikan kesempatan besar untuk belajar dari dosen, ilmuwan, dan praktisi luar biasa dari seluruh dunia. Saya mengundang Anda untuk lebih jauh menemukan situs web kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang Program Studi kami. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut.

Salam,

Ketua Program Studi Teknik Informatika Kediri

Eko Hari Rachmawanto, M.Kom.

VISI & MISI

Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1

Visi

Menjadi Program Studi unggul di bidang informatika khususnya bidang rekayasa perangkat lunak dan sistem cerdas, yang berjiwa technopreunership dan berwawasan internasional.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas di bidang Informatika yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan kewirausahaan.

2. Meningkatkan program penelitian di bidang informatika khususnya bidang rekayasa perangkat lunak dan sistem cerdas yang berkualitas dan berkelanjutan.

3. Meningkatkan program pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan berkelanjutan.

 

4. Menjalin kerjasama yang berdampak pada peningkatan kualitas mahasiswa, dosen dan organisasi.

 

    AKREDITASI

    Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1

    PROFIL LULUSAN

    Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1

    Software Engineer

    Pemrogram profesional yang menerapkan proses sistematis untuk memahami kebutuhan pengguna, bekerja dengan pengguna dalam merancang dan menulis program sebagai bagian dari tim pengembangan perangkat lunak, dan menerapkan prinsip-prinsip ilmiah untuk memecahkan masalah praktis.

    Junior Data Scientist

    Profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk membantu mengidentifikasi pengetahuan, sehingga mendukung peningkatan operasi organisasi dan memperoleh keunggulan kompetitif.

    AI Developer

    Profesional yang meneliti dan mengembangkan program untuk meniru proses berpikir dan menalar otak secara sistematis sehingga dapat diimplementasikan dalam bidang tertentu.

    Network Engineer

    Profesional yang merencanakan pemasangan atau perluasan jaringan komputer, melakukan konfigurasi kompleks pada server, hub, router, dan perangkat jaringan komputer lainnya, menulis skrip atau program untuk mengotomatiskan operasi jaringan.

    System Administrator

    Profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola pengoperasian sistem komputer atau jaringan dengan banyak pengguna sehingga dapat berjalan dengan andal dan memenuhi kebutuhan pengguna.

    Game Developer

    Profesional yang merancang dan mengembangkan game untuk komputer, konsol, dan perangkat seluler. Mereka terlibat dalam membuat desain dan membuat implementasi.

    AKTIVITAS MAHASISWA

    Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1

    Kurikulum

    Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1

    No Kode Mata Kuliah SKS Semester
    1 F11.54102 MATEMATIKA DISKRIT 3 1
    2 AF201704 Dasar Dasar Komputasi 2 1
    3 F11.54105 DASAR PEMROGRAMAN 4 1
    4 U201704 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI 2 1
    5 F11.54403 ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER 3 1
    6 F11.64103 Dasar Pemrograman 4 1
    7 F11.64101 Kalkulus 3 1
    8 F11.64102 Fisika 4 1
    9 N201705 Pendidikan Agama 2 1
    10 F11.54314 PEMROGRAMAN BERBASIS WEB 2 1
    11 F11.54101 KALKULUS 1 4 1
    12 F11.54302 FISIKA 1 4 2
    13 F11.54408 PEMROGRAMAN WEB LANJUT 2 2
    14 F11.54207 RANGKAIAN LOGIKA DIGITAL 2 2
    15 F11.54206 ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 4 2
    16 F11.54404 BASIS DATA 3 2
    17 F11.54405 REKAYASA PERANGKAT LUNAK 3 2
    18 F11.54406 LOGIKA INFORMATIKA 3 2
    19 F11.64201 Matriks dan Ruang Vektor 3 2
    20 F11.64203 Matematika Diskrit 3 2
    21 F11.64205 Interaksi Manusia dan Komputer 3 2
    22 F11.64204 Algoritma dan Struktur Data 4 2
    23 F11.64202 Organisasi dan Arsitektur Komputer 3 2
    24 F11.64303 Rekayasa Perangkat Lunak 3 3
    25 F11.54506 SISTEM INFORMASI 3 3
    26 F11.64305 Pemrograman Berbasis Web 2 3
    27 F11.54501 JARINGAN KOMPUTER 3 3
    28 F11.64301 Probabilitas dan Statistik 3 3
    29 F11.64304 Basis Data 4 3
    30 F11.64302 Logika Informatika 3 3
    31 F11.64306 Sistem Operasi 3 3
    32 F11.54521 PENGOLAHAN CITRA DIGITAL 3 3
    33 F11.54505 SISTEM BASIS DATA 3 3
    34 F11.54303 MATRIKS DAN RUANG VEKTOR 3 3
    35 F11.54504 REKAYASA PERANGKAT LUNAK LANJUT 3 3
    36 F11.54306 STRUKTUR DATA 4 3
    37 F11.54608 PEMROGRAMAN PERANGKAT BERGERAK 3 3
    38 F11.54508 STRATEGI ALGORITMA 3 3
    39 F11.54401 OTOMATA DAN TEORI BAHASA 3 4
    40 F11.54605 KECERDASAN BUATAN 3 4
    41 F11.54806 DATA MINING 3 4
    42 F11.54822 PROYEK PERANGKAT LUNAK 3 4
    43 F11.64403 Pemrograman Berorientasi Objek 4 4
    44 F11.54301 PROBABILITAS DAN STATISTIK 3 4
    45 F11.64406 Sistem Basis Data 2 4
    46 F11.54402 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK 4 4
    47 F11.64402 Jaringan Komputer 3 4
    48 F11.54507 SISTEM OPERASI 3 4
    49 F11.64401 Otomata dan Teori Bahasa 3 4
    50 F11.64407 Rangkaian Logika Digital 3 4
    51 F11.64404 Pemrograman Web Lanjut 2 4
    52 F11.64405 Pembelajaran Mesin 3 4
    53 F11.64505 Kecerdasan Buatan 3 5
    54 F11.64502 Penambangan Data 3 5
    55 N2017051 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2 5
    56 F11.64501 Sistem Terdistribusi 3 5
    57 N2017052 PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK 2 5
    58 F11.64506 Kriptografi 3 5
    59 N201706 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2 5
    60 N2017053 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 2 5
    61 F11.64603 Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak 3 5
    62 N201702 Bahasa Inggris 2 5
    63 N2017054 PENDIDIKAN AGAMA BUDHA 2 5
    64 F11.64503 Sistem Informasi 3 5
    65 AF201702 Literasi Informasi 2 5
    66 N2017055 PENDIDIKAN AGAMA HINDU 2 5
    67 F11.64610 Sistem Tertanam 3 5
    68 F11.64717 Lingkungan Cerdas dan Intelijen 3 5
    69 F11.64504 Manajemen Proyek Teknologi Informasi 3 5
    70 F11.54503 KOMPUTER GRAFIK 3 5
    71 F11.54703 MANAJEMEN PROYEK 3 5
    72 F11.54202 FISIKA 2 4 5
    73 F11.54205 ETIKA PROFESI 2 5
    74 F11.64708 Pemrosesan Bahasa Alami Berbasis Teks 3 5
    75 F11.64706 Pemrograman Sisi Klien 3 5
    76 F11.64712 Penglihatan Komputer dan Analisis Citra 3 5
    77 F11.64605 Pemrograman Perangkat Bergerak 3 6
    78 F11.54606 KRIPTOGRAFI 3 6
    79 F11.64713 Analisis Data 3 6
    80 F11.54603 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER 3 6
    81 F11.54607 METODOLOGI PENELITIAN 2 6
    82 F11.54201 KALKULUS 2 4 6
    83 F11.54609 SISTEM TERDISTRIBUSI 3 6
    84 F11.54836 PENGOLAHAN CITRA DIGITAL LANJUT 3 6
    85 A12.66621 ANALITIKA MEDIA SOSIAL 4 6
    86 F11.54829 SOFTWARE REQUIREMENT ENGINEERING 3 6
    87 A14.27615 FOTOGRAFI DESAIN 3 6
    88 A12.66603 PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI 3 6
    89 F11.64601 Komputasi Numerik 3 6
    90 A14.27608 KOMUNIKASI VISUAL PERIKLANAN 4 6
    91 F11.64604 Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek 3 6
    92 U201701 Dasar Kewirausahaan 2 6
    93 F11.64611 Keamanan Sistem dan Siber 3 6
    94 N201701 Bahasa Indonesia 2 6
    95 F11.64718 Internet of Things 3 6
    96 N201707 PENDIDIKAN PANCASILA 2 6
    97 F11.64602 Pengembangan Startup Digital 2 6
    98 F11.54811 RISET OPERASI 3 6
    99 F11.64606 Komputer Grafik 3 6
    100 F11.54814 OBJECT ORIENTED ANALYSIS AND DESIGN 3 6
    101 F11.64709 Pemrosesan Bahasa Alami Berbasis Ucapan 3 6
    102 F11.54834 WIRELESS & MOBILE COMPUTING 3 6
    103 F11.64607 Pengolahan Citra 3 7
    104 F11.64707 Pemrograman Sisi Server 3 7
    105 F11.64704 Tugas Akhir 1 2 7
    106 F11.64703 Bengkel Koding 2 7
    107 F11.64710 Pemrograman Game 3 7
    108 F11.64701 Kerja Praktek 2 7
    109 F11.54837 GAME PROGRAMMING 3 7
    110 F11.64715 Manajemen Jaringan 3 7
    111 F11.54835 NETWORK MANAGEMENT 3 7
    112 F11.64104 Keterampilan Interpersonal 2 7
    113 F11.54815 PEMODELAN DAN SIMULASI 3 7
    114 F11.54812 METODE NUMERIK 3 7
    115 F11.64714 Komputasi Quantum 3 7
    116 F11.54823 SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI 3 7
    117 F11.64702 Metodologi Penelitian 2 7
    118 F11.54701 BIMBINGAN KARIER 2 7
    119 F11.54728 SOFTWARE QUALITY & TESTING 3 7
    120 AF201703 TECHNOPRENEURSHIP 2 7
    121 F11.54705 TUGAS AKHIR 1 2 7
    122 F11.54702 KERJA PRAKTEK 2 7
    123 F11.54801 TUGAS AKHIR 2 4 8
    124 F11.64608 Sistem Temu Kembali Informasi 3 8
    125 F11.64802 Etika Profesi 2 8
    126 F11.64801 Bimbingan Karir 2 8
    127 F11.64705 Jaminan Kualitas Perangkat Lunak 3 8
    128 F11.64803 Tugas Akhir 2 4 8
    129 F11.64716 Forensik Digital 3 8
    130 F11.64711 Pengembangan Game 3 8
    131 F11.64609 Komputasi Awan 3 8