Pada pertengahan tahun 2024, Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, dosen-dosen di lingkup FIK Udinus berhasil meloloskan 20 proposal penelitian dalam Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Tahun Anggaran 2024.

Dari total penelitian tersebut, 16 dosen dari berbagai Program Studi di FIK Udinus berhasil menyumbangkan ide dan inovasi. Dalam 20 judul penelitian yang lolos, terdapat 13 penelitian fundamental, 3 penelitian tesis magister, 2 penelitian disertasi doktor, dan 2 penelitian terapan. Adapun topik-topik penelitian yang diusung mencakup Artificial Intelligence (AI) untuk kesehatan, data security, smart society, pelestarian alam, high performance computing (HPC), dan kripto quantum.

Dr. Abdul Syukur, Dekan FIK Udinus, mengungkapkan kebahagiannya atas prestasi tersebut. Menurut beliau, jumlah penelitian yang berhasil lolos hibah DRTPM di FIK mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dua tahun sebelumnya. Penelitian yang memperoleh pendanaan DRTPM tahun ini, merupakan penelitian yang berada di pusat kajian Intelligent Distributed Surveillance and Security (IDSS) dan pusat kajian Material Informatics (Matics).

“Tahun 2022 dan 2023 lalu, FIK hanya memperoleh pendanaan DRTPM untuk 11 dan 12 judul penelitian. Prestasi ini menunjukkan kemajuan yang luar biasa dalam kontribusi FIK Udinus dalam dunia penelitian,” ujar Dr. Abdul.

Rujukan Kajian Artificial Intelligence

Salah satu penerima dana hibah penelitian dan koordinator bidang kajian AI untuk kesehatan di pusat kajian IDSS, Junta Zeniarja M.Kom, menyampaikan rasa syukurnya. Ia pun berharap Dengan perolehan pendanaan penelitian DRTPM ini, Udinus menjadi rujukan utama dalam pusat kajian Artificial intelligence (AI) di Indonesia.

“Kami melihat sejauh ini, kompetensi dosen dalam pendidikan dan penelitian menjadi semakin berkualitas. Diharapkan kedepan terus mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat,” ungkap Junta Zeniarja M.Kom.

Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2024, yang digagas oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), diikuti oleh dosen dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Udinus sendiri berhasil meloloskan 34 judul penelitian dosen, menunjukkan komitmen mereka dalam menghasilkan penelitian berkualitas untuk kemajuan masyarakat. (Humas Udinus/Alex. Foto : Humas Udinus)