Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali dipercaya menjadi tuan rumah Monitoring dan Evaluasi (Monev) Visitasi Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO) 2024. Dalam kegiatan ini, empat organisasi mahasiswa (ormawa) Udinus berhasil melangkah ke tahap berikutnya, menunjukkan komitmen kuat dalam pemberdayaan dan pengabdian masyarakat.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Meeting Gedung H.1 Udinus, Semarang, pada Senin, 15 Oktober 2024, dihadiri oleh beberapa perguruan tinggi di Jawa Tengah. Keempat ormawa Udinus yang berhasil lolos yakni Ormawa Kamadiksi , Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HM Sisfo) , Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (DPM FIK) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (BEM FIK). PPKO merupakan program yang dirancang untuk memperkuat kapasitas organisasi mahasiswa (ormawa) melalui pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM, mengungkapkan kebanggaannya atas kepercayaan yang diberikan oleh Belmawa kepada Udinus. Menurutnya, ditunjuknya Udinus sebagai host juga sebagai langkah untuk menjalin silaturahmi antar perguruan tinggi

“Kami sangat bangga karena Udinus kembali dipercaya menjadi tuan rumah. Ini menunjukkan bahwa kepercayaan dari Belmawa kepada Udinus tak pernah berhenti,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kusni juga menyoroti prestasi ormawa Udinus yang berhasil melaju ke tahap berikutnya. Ungkap Kusni, secara keseluruhan terdapat 14 ormawa dari udinus yang berhasil mendapatkan pendanaan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa).

“4 diantaranya berhasil lolos ke tahap awarding. Kami berharap adik-adik mahasiswa dapat terus berjuang dan mengabdi dengan luar biasa,” tambahnya.

Salah satu asesor yang hadir, H. Anggi Maulana Rizqi, Lc., M.A., memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan acara ini. Menurutnya, kegiatan ini memberikan kesempatan untuk melakukan penilaian menyeluruh terhadap perguruan tinggi yang terlibat. “Hari ini kami melakukan penilaian, baik dari perguruan tinggi, dosen pendamping, maupun tim pelaksana. Kami ingin memastikan bahwa apa yang tertulis dalam kuesioner sesuai dengan kondisi di lapangan,” jelasnya.

Anggi juga memuji fasilitas yang diberikan Udinus selama proses visitasi. Menurutnya Udinus sangat welcome, dan ia bersama tim merasa nyaman dan difasilitasi dengan sangat baik.

“Semoga hasil dari visitasi ini sesuai dengan harapan semua pihak. Dengan berlangsungnya visitasi ini, diharapkan program PPKO dapat semakin memperkuat peran ormawa dalam pengabdian dan pemberdayaan masyarakat,” tutupnya.

Empat ormawa yang berhasil lolos ketahap selanjutnya di program PPKO yakni Ormawa Kamadiksi dengan judul proposal ‘Pondok Laut: Pengembangan Ekonomi Desa Sendang Sikucing Melalui Inovasi Produk Olahan Ikan Untuk Mencapai Desa Maritim Unggul’. Sementara itu,  HM Sisfo dengan judul ‘Digitalisasi Dan Optimalisasi Bank Sampah Melalui Penyelarasan Rantai Pasok Pengelolaan Sampah Berbasis Waste Management Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Tugurejo’.

Lalu dari DPM FIK dengan judul proposal ‘Transformasi Literasi Menuju Desa Cerdas: Pemberdayaan Kompetensi Sosial Masyarakat Melalui Metode Sapta Literacy Corner Di Desa Jatimulyo’. Dan dari BEM FIK dengan judul ‘Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Melalui Program Desa Wisata Tajuk Smart Tourism Dengan Metode Pentahelix Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat Lokal’. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)