Mahasiswa Program Sarjana Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) terjun ke 23 sekolah SMA/K yang ada di Semarang dan sekitarnya melakukan kampanye komunikasi. Kegiatan itu merupakan luaran dari mata kuliah (matkul) Public Relation (PR) semester 5, dilaksanakan pada 18 November hingga 2 Desember 2024.
Tema utama yang diangkat tahun ini yaitu selaras dengan program literasi digital nasional ‘Indonesia Makin Cakap Digital’ dengan 4 topik pilihan. Topik itu bertujuan untuk menguatkan keterampilan digital masyarakat melalui cakap bermedia digital (digital skill), budaya bermedia digital (digital culture), aman bermedia digital (digital safety), dan etika bermedia digital (digital ethic).
Dosen Pengampu Mata Kuliah Public Relation Ilkom Udinus, Heni Indrayani, M.I.Kom., mengungkapkan bahwa kampanye komunikasi menjadi luaran wajib. Khususnya untuk mata kuliah Public Relation setiap tahunnya. Namun, tema yang diusung berbeda-beda untuk setiap kelompok.
“Melalui kampanye ini merupakan aksi nyata yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa sebagai Unmute Generation yang tersebar dari beberapa kelas. Mereka berperan untuk menambah pengetahuan pelajar SMA/SMK tentang bagaimana memahami teknologi. Serta bagaimana memanfaatkan teknologi untuk tujuan yang produktif, etis, dan bertanggung jawab,” terang Heni.
“Harapannya, mahasiswa juga mengalami peningkatan pada keterampilan komunikasi dan kepedulian sosial hingga bertanggung jawab. Aksi ini juga mengasah problem solving, serta penguatan kompetensi Public Relation mereka,” jelasnya.
Pelajar SMA/SMK sebagai Agen Perubahan
Heni juga menjabarkan bahwa pelajar SMA/SMK menjadi target utama kampanye karena mereka dalam fase transisi kritis menuju dewasa yang membutuhkan literasi digital. Fase merupakan pengguna aktif teknologi digital, namun belum ada pemahaman yang memadai mengenai aspek produktivitas, keamanan, dan etika.
“Alasan lainnya mereka merupakan digital natives, karena memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan dalam komunitas mereka. Memiliki peluang untuk berkontribusi dalam menciptakan ekosistem digital yang terhindar dari dampak negatif. Seperti mengurangi penyebaran hoaks, cyberbullying atau penyalahgunaan data,” jabar dosen Ilkom Udinus tersebut.
Kampanye komunikasi Public Relation ini juga menjadi bagian dari rangkaian Ilkom Carnival 2024. Nantinya, materi kampanye akan dipamerkan dan dikompetisikan di pameran. Kegiatan yang akan berlangsung pada 5-6 Desember 2024, sehingga dampak kampanye akan lebih luas lagi. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Ilkom Udinus)