PROGRAM STUDI

Ilmu Komunikasi – S1

SAMBUTAN

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi – S1

Dr. RAHMAWATI ZULFININGRUM S.I.Kom., M.I.Kom

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Selamat datang di Website Program Studi S1 ​​Ilmu Komunikasi.

Program Studi S1 ​​Ilmu Komunikasi merupakan salah satu Program Studi di bawah Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro yang berlokasi di Semarang – Jawa Tengah.Prodi S1 ​​Ilmu Komunikasi mendapatkan izin penyelenggaraan program studi dari DIKTI melalui SK Nomor 564/E/O/2013 tanggal 25 September 2013, dan dibuka pada tahun 2014. Pada tahun 2015, Program Studi S1 ​​Ilmu Komunikasi telah terakreditasi B sesuai SK BAN PT nomor: 395/SK/BAN-PT/Akred/ S/V/2015 tanggal 15 Mei 2015, dan telah mendapat perpanjangan akreditasi dengan Surat Keputusan BAN-PT No.4474/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VIII/2020 yang berlaku sampai dengan tahun 2025.

Saat ini kita berada di era revolusi industri 4.0 dan sebentar lagi menuju era 5.0, maka secara fundamental mahasiswa perlu mempersiapkan berbagai hal untuk memasuki dunia kerja. juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sesuai dengan jiwa wirausaha yang menjadi nafas Universitas dian Nuswantoro. Bahwa bekerja saat ini bukan sekedar rutinitas tetapi membutuhkan kreatifitas dan pemikiran yang out of the box.Selain hardskill,softskill juga menjadi hal yang perlu ditingkatkan dan bisa diasah. Program Studi S1 ​​Ilmu Komunikasi Udinus menawarkan dua jalur peminatan bagi mahasiswa, yaitu Komunikasi Bisnis dan Komunikasi Seni Kreatif guna menunjang kemampuan mahasiswa di masa depan dunia kerja khususnya ekonomi digital dan dunia industri kreatif.

Program Studi S1 ​​Ilmu Komunikasi Udinus juga menyelenggarakan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Program tersebut adalah Program Panca yang terdiri dari lima program MBKM yang meliputi Kuliah Kerja Industri (KKI), Kuliah Kerja Bisnis (KKU), Kuliah Program Internasional (KPI), Kuliah Kerja Penelitian (KKP), dan Kuliah Kerja Kemanusiaan (KKK). Kelima program tersebut bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai ilmu yang berguna untuk memasuki dunia kerja, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memiliki pengalaman belajar di luar program studi. Di era ekonomi digital dimana terdapat berbagai pertumbuhan pesat dari berbagai industri baru di platform IT. Mahasiswa diharapkan menjadi generasi penerus yang mampu mempersiapkan road map karir masa depan mereka dengan baik.

Di era ekonomi digital dimana terdapat berbagai pertumbuhan pesat dari berbagai industri baru di platform IT. Mahasiswa diharapkan sebagai generasi penerus mampu mempersiapkan peta jalan karir mereka dengan baik di masa depan dan mampu menangkap berbagai peluang yang ada saat ini. Program Studi S1 ​​Ilmu Komunikasi memiliki jaringan baik secara nasional maupun internasional dengan berbagai universitas dan industri, dengan berbagai jaringan yang luas ini diharapkan dapat mendukung ekosistem program studi dalam upaya membantu mahasiswa. dirancang sesuai kebutuhan mahasiswa, bertujuan untuk mampu menciptakan generasi penerus bangsa yang mumpuni di dunia kerja, terutama kesiapan menghadapi persaingan global saat ini untuk masa depan yang lebih baik.

Terima Kasih

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Ketua Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

Dr. Rahmawati Zulfiningrum, S.I.Kom., M.I.Kom

VISI & MISI

Program Studi Ilmu Komunikasi – S1

Visi

“Mengembangkan keilmuan komunikasi dengan keunggulan teknologi informasi, seni dan creativepreneurship”. 

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan unggulan di bidang komunikasi, dengan penguasaan keilmuan, serta keahlian komunikasi yang berbasis teknologi informasi.
  2. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui melalui pendidikan, pendekatan ilmu dan keterampilan komunikasi untuk menghasilkan para creativepreneur di masa depan.
  3. Meningkatkan kerjasama secara institusional dengan berbagai lembaga dalam lingkup nasional dan internasional yang relevan untuk pengembangan program studi.
  4. Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu komunikasi yang berkualitas, serta melaksanakan pengabdian masyarakat dengan prinsip menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat luas sehingga bermanfaat bagi pembangunan nasional. 

 

 

 

 

    AKREDITASI

    Program Studi Ilmu Komunikasi – S1

    PROFIL LULUSAN

    Program Studi Ilmu Komunikasi – S1

    Creative Media Developer

    Profesional yang berperan dalam menghasilkan konten media kreatif dan multimedia untuk berbagai platform dan tujuan. Tugas-tugas mereka mencakup: Pengembangan Konten Kreatif, Desain Grafis, Produksi Multimedia, Dll.

    Content Creator

    Seseorang yang menciptakan berbagai jenis konten digital, seperti teks, gambar, video, dan audio, yang ditujukan untuk diterbitkan dan dibagikan di platform online seperti situs web, blog, media sosial, atau saluran video. Tujuannya adalah untuk menghasilkan konten yang menarik, informatif, atau menghibur bagi audiens tertentu. Content creator bisa berkarya dalam berbagai topik dan bidang, mulai dari hobi, gaya hidup, pendidikan, hingga hiburan, dan dapat berperan sebagai individu, influencer, atau bagian dari tim kreatif dalam berbagai konteks, termasuk pemasaran digital atau hiburan.

    Program Director

    Profesional yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengelola program atau proyek tertentu dalam sebuah organisasi. Tugas utama mereka mencakup: Perencanaan Program, Koordinasi Tim, Pengelolaan Sumber Daya, Dll.

    Public Relations

    Profesional yang bertugas untuk memelihara dan memperkuat hubungan positif antara organisasi atau individu dengan publik atau audiensnya. Tugas-tugas seorang public relator mencakup: Media Relations, Penulisan dan Penyuntingan, Komunikasi Internal, Dll.

    Event Organizer

    Seseorang atau perusahaan yang spesialis dalam merencanakan, mengkoordinasikan, dan melaksanakan berbagai jenis acara atau kegiatan, mulai dari konser, pameran, konferensi, pernikahan, hingga acara perusahaan. Tugas-tugas seorang event organizer mencakup: Perencanaan Acara, Manajemen Anggaran, Pemasaran dan Promosi,  Koordinasi Vendor, Dll.

    Corporate Communicator

    Profesional yang bekerja di dalam departemen komunikasi perusahaan atau organisasi. Tugas utamanya adalah mengelola komunikasi internal dan eksternal, serta membangun citra positif dan hubungan yang baik antara organisasi dan pemangku kepentingan (stakeholders). Beberapa peran dan tanggung jawab seorang Corporate Communicator mencakup: Komunikasi Internal, Komunikasi Eksternal, Pengembangan Pesan, Dll.

    AKTIVITAS MAHASISWA

    Program Studi Ilmu Komunikasi – S1

    Kurikulum

    Program Studi Ilmu Komunikasi – S1

    No Kode Mata Kuliah SKS Semester
    1 U201703 Kewirausahaan Lanjut 2 0
    2 N2017054 PENDIDIKAN AGAMA BUDHA 2 1
    3 AF201704 DASAR-DASAR KOMPUTASI 2 1
    4 N2017055 PENDIDIKAN AGAMA HINDU 2 1
    5 A15.29107 Pengantar Ilmu Komunikasi 2 1
    6 A15.29101 Jurnalistik 2 1
    7 A15.29102 Audio Visual 2 1
    8 A15.19302 KOMUNIKASI MASSA 3 1
    9 A15.19105 CREATIVE AND INNOVATIVE THINKING 3 1
    10 N2017051 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2 1
    11 A15.19206 KOMUNIKASI INTERPERSONAL 3 1
    12 N2017052 PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK 2 1
    13 U201704 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI 2 1
    14 N2017053 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 2 1
    15 N201702 Bahasa Inggris 2 1
    16 A15.29201 Filsafat Komunikasi 3 2
    17 A15.21202 Psikologi Komunikasi 3 2
    18 A15.21201 Sosiologi Komunikasi 3 2
    19 A15.21203 Public Speaking 3 2
    20 A15.21205 Creative Writing 2 2
    21 A15.21304 Fotografi 3 2
    22 A15.21204 English for Communication 2 2
    23 U201701 Dasar Kewirausahaan 2 2
    24 AF201702 Literasi Informasi 2 2
    25 A15.19414 DESAIN GRAFIS 3 3
    26 A15.19203 TEORI KOMUNIKASI 3 3
    27 U201702 Start Up Business 2 3
    28 A15.20302 Statistik Sosial 3 3
    29 A15.19306 KOMUNIKASI PEMASARAN 3 3
    30 A15.29301 Komunikasi Digital 3 3
    31 A12.76303 Manajemen Rantai Pasok 3 3
    32 A15.19301 KOMUNIKASI ORGANISASI 3 3
    33 A15.21305 Advance Public Speaking 3 3
    34 AF201703 TECHNOPRENEURSHIP 2 3
    35 E125908 Pengembangan Produk Berbasis Budaya 3 4
    36 C11.38601 Subtitling 2 4
    37 A15.21404 Digital Storytelling 2 4
    38 A15.21405 Komunikasi Strategis 3 4
    39 A15.21402 Perilaku Konsumen 2 4
    40 A15.21406 Industri Budaya & Media 3 4
    41 A15.21401 Metode Penelitian Komunikasi 3 4
    42 A12.76403 Perencanaan Sumber Daya Perusahaan 3 4
    43 A15.21403 Pengelolaan Konten Digital 3 4
    44 C12.02201 Bahasa Cina 2 4
    45 A15.19516 CULTURE STUDIES 2 4
    46 A12.66621 ANALITIKA MEDIA SOSIAL 4 4
    47 B11.6405 Pemasaran Digital 3 4
    48 C12.02207 Budaya dalam Bisnis dan Perusahaan Jepang 2 4
    49 E123711 Enterprise Resources Planning 2 4
    50 A15.29503 Produksi Media Kreatif 3 5
    51 A15.19419 indigenous Knowledge Management 3 5
    52 A15.19513 BRANDING & ADVERTISING 3 5
    53 A15.19801 BIMBINGAN KARIER 2 5
    54 A15.29612 Produksi Audio Visual Iklan 2 5
    55 A15.19420 Ekonomi Kreatif 3 5
    56 A15.19612 PRODUKSI AUDIO VISUAL IKLAN 3 5
    57 A15.19610 EVENT ORGANIZING 3 5
    58 A15.19521 KOMUNIKASI SENI KREATIF 3 5
    59 A15.19613 LAYANAN KUALITAS PRIMA 2 5
    60 A15.20510 Art Performance 3 5
    61 A15.29501 English for Business 3 5
    62 A15.20511 Ekonomi Kreatif 2 5
    63 A15.19509 PUBLIC RELATIONS 3 5
    64 A15.19413 KOMUNIKASI BISNIS 3 5
    65 A15.19522 KOMUNIKASI MUSIK 3 5
    66 A15.29502 Creative Tourism 2 5
    67 D11.6654 Konseling Kesehatan 2 6
    68 A15.21605 Kuliah Program Internasional 1 3 6
    69 A15.21610 Leadership 3 6
    70 A15.21604 Kuliah Kerja Kemanusiaan 1 3 6
    71 A15.21601 Kuliah Kerja Industri 1 3 6
    72 N201701 Bahasa Indonesia 2 6
    73 N201707 PENDIDIKAN PANCASILA 2 6
    74 A15.21606 Adaptasi Budaya 3 6
    75 A15.21603 Kuliah Kerja Penelitian 1 3 6
    76 A15.21602 Kuliah Kerja Usaha 1 3 6
    77 A15.21607 Lobby & Negosiasi 3 6
    78 A14.27615 FOTOGRAFI DESAIN 3 6
    79 A15.21608 Koordinasi & Kolaborasi 2 6
    80 A14.27616 PUBLISHING 2 6
    81 A15.21609 Time Management 2 6
    82 D11.6601 Manajemen Sumber Daya Manusia 2 6
    83 D11.6653 Pemasaran Sosial 2 6
    84 A15.29709 Kuliah Program Internasional 2 3 7
    85 A15.19720 MANAJEMEN RISET 3 7
    86 A15.29701 Innovation & Development 3 7
    87 A15.29702 Data Storytelling 3 7
    88 A15.19714 CYBER BRANDING 2 7
    89 A15.29707 Kuliah Kerja Penelitian 2 3 7
    90 A15.19710 SEMINAR 2 7
    91 A15.29714 CYBER BRANDING 3 7
    92 A15.29708 Kuliah Kerja Kemanusian 2 3 7
    93 N201706 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2 7
    94 A15.29703 Social Marketing 3 7
    95 A15.19417 Etika Profesi 2 7
    96 B11.7702 Etika Bisnis dan CSR 2 7
    97 A15.29705 Kuliah Kerja Industri 2 3 7
    98 B11.7710 Riset Pemasaran 3 7
    99 A15.29706 Kuliah Kerja Usaha 2 3 7
    100 A15.29704 Komunikasi Internasional 3 7
    101 A15.19802 SKRIPSI/TUGAS AKHIR 6 8