HMBI GELAR BERBAGAI LOMBA BERBAHASA INGGRIS DI DINUSFEST 2019


HMBI GELAR BERBAGAI LOMBA BERBAHASA INGGRIS DI DINUSFEST 2019

Ajang Dinusfest 2019 menggelar berbagai macam lomba untuk siswa SMA/SMK/sederajat. Satu diantaranya adalah lomba yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris (HMBI) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), yaitu Speech Contest di gedung G lantai 3 pada hari ini (22/01/19).

 

HMBI FIB Udinus ini mengadakan lomba Speech Contest untuk siswa SMA/SMK sederajat yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa asing khususnya bahasa Inggris.  Ketua pelaksana Speech Contest Rifky Aulia Wandansari ingin mengajak semua remaja untuk lebih mempunyai jiwa nasionalisme. “Untuk Dinusfest 2019 ini, kita mengangkat tema “Our Nationality Shows Our Identity“. Kami ingin membuat remaja sekarang lebih mengenal identitas mereka, budaya Indonesia sendiri,” jelasnya. 

 

Speech Contest ini banyak diminati oleh peserta, sebanyak 40 peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Juri dalam perlombaan ini berasal dari dosen progdi Sastra Inggris Udinus sendiri yaitu, Achmad Basari, M.Pd, Agnes Erliva, M.Pd, dan Sri Mulaysih, M.Pd. Aspek penilaian yang diambil mulai dari konten, pembawaan, pelafalan, grammar, intonasi dan kemampuan berbahasanya.

 

Hal yang menarik dari lomba ini adalah adanya piala bergilir yang diperebutkan. Selain piala bergilir, juga ada beasiswa, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Salah satu peserta Speech Contest bernama Oktaviani Arianti dari SMK Umar Fatah Rembang mengaku sangat senang dan bangga mengikuti lomba speech contest. Karena dengan adanya lomba ini bisa meningkatkan kemampuan dalam berbahasa inggris dan mengasah wawasan lagi.

 

Sementara itu masih di lokasi yang sama, yakni gedung gedung G lantai 3, diselenggarakan pula lomba story retelling yang memikat peserta sebanyak 30 orang. Mereka datang dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan sekitarnya, dan siap diuji kemampuannya di depan dewan juri diantaranya Nina Setyaningsih S.S., M.Hum, Setyo Prasiyanto Cahyono SS., M.Pd dan Rahmanti Asmarani SS., M.Hum. Peserta dapat mengangkat cerita mengenai dongeng, cerita fabel dan legenda rakyat. “Acara ini sangat seru. Saya sangat senang karena dengan adanya lomba ini, bisa menyalurkan kemampuan dalam ber-story retelling. Saya mengangkat dongeng Ande Ande Lumut dalam penampilan kali ini,” kata Hana Zahra Atikah peserta dari SMA Negeri 1 Gubug Grobongan.


Tidak kalah seru dari dua lomba sebelumnya, HMBI FIB Udinus juga menggelar lomba puisi berbahasa Inggris. Dengan poin penilaian ekspresi, artikulasi, pendalaman dan penghayatan, peserta diharapkan dapat menampilkan yang terbaik.

 

 

Dinusfest sendiri merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Universitas Dian Nuswantoro selama tiga hari. Selain lomba ini, juga masih banyak lomba yang lainnya seperti voli,  karawitan, tari dan lain sebagainya. Kahumas Udinus Agus Triyono berharap para peserta dapat bersuka cita dengan lomba yang diikuti, “Selama tiga hari berbagai lomba akan digeber di lingkungan kampus Udinus, selain itu juga ada expo di sekitar panggung utama,” jelas Agustri. (*Humas Udinus/lily WDN/AT/ Foto : Warta Dinus)  

 

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)