Dalam Dinus Festival (Dinusfest) 2019 berusaha dihadirkan lomba-lomba yang bisa merepresentasikan masing-masing program studi (prodi) di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), seperti lomba Short Movie Competition. Ajang tersebut merupakan gelaran lomba yang diusung oleh prodi Kesehatan Lingkungan (Kesling) Fakultas Kesehatan (FKes) Udinus, pada Rabu (23/1/2019) di ruang serbaguna gedung D lantai 1.

 

Peserta diwajibkan mengumpulkan film pendek dalam durasi 5-7 menit dengan tema yang sudah ditentukan panitia, yakni “Pencemaran Sampah”. Film tersebut akan diputar dan disaksikan bersama 13 tim yang turut serta dalam lomba tersebut, dimana satu tim akan diwakili 3 orang dari masing-masing SMA/SMK/sederajat. “Tujuan dari lomba ini adalah untuk menciptakan kepedulian lingkungan pada masyarakat mengenai sampah, sekaligus cara menanggulanginya. Selain itu adalah sarana untuk memperkenalkan lebih dekat prodi Kesehatan Lingkungan pada siswa SMA/SMA/sederajat di Jawa Tengah dan sekitarnya,” jelas Kahumas Udinus Agus Triyono, MSi.

 

Meski masih di jenjang sekolah menengah, peserta telah menunjukkan persembahan terbaik mereka. Semua karya peserta akan dinilai mengenai originalitas, kesesuaian tema, teknik artistik, serta pesan moral oleh dewan juri yang merupakan dosen dari prodi Kesling Udinus. Salah satu peserta lomba dari SMA Negeri 8 Semarang, Adelna Tabriz, mengaku optimis mengikuti lomba ini ”Tim yang solid membuat kami optimis mengikuti lomba kompetisi film pendek ini. Semoga video kami dapat mengedukasi teman-teman di sekolah untuk selalu menjaga lingkungan sekitar,” tutur Adelna.

 

Sebelum lomba film pendek yang digelar prodi Kesling, Selasa lalu  (22/1/2019) juga menggelar lomba Esai dengan tema ‘Pelayanan Kesehatan Masa Kini’. “Fakultas Kesehatan melalui prodi yang ada terus memperkenalkan diri ke siswa SMA/SMK/sederajat, agar dapat dijadikan perguruan tinggi pilihan saat sudah lulus nanti,” jelas Kahumas Udinus Agus Triyono, MSi. (*Humas Udinus/mirna WDN. Foto: TTC Udinus)