TEKNIK BIOMEDIS UDINUS BEKALI MAHASISWA DENGAN KERJA PRAKTEK


TEKNIK BIOMEDIS UDINUS BEKALI MAHASISWA DENGAN KERJA PRAKTEK

Untuk membekali diri dalam menghadapi dunia kerja, mahasiswa Program Studi (Progdi) Teknik Biomedis S1 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melakukan kerja prektek di RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro Semarang. Kerja prakterk yang mulai dilaksanakan sejak 13 Mei 2019 terbagi menjadi dua gelombang yang masing-masing diikuti oleh 6 mahasiswa.

 

Dalam kegiatan kerja praktek tersebut, mahasiswa dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan bekerja dan alat-alat yang akan digunakan selama masa kerja. Tasnim Ahva Nadlirah, salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan kerja praktek mengatakan, pada hari pertama kerja praktek mahasiswa diwajibkan mengenal semua rekan dalam tim dan alat-alat yang digunakan dalam ruangan tempat kerjanya. “Selain menerapkan ilmu yang telah saya dapatkan saat perkuliahan, banyak pengalaman baru yang saya dapatkan. Salah satunya mengoperasikan alat-alat berat di rumah sakit. Karena di Udinus sudah diajarkan teorinya, sehingga ketika dipraktekan secara langsung menjadi lebih paham,” ujar Tasnim.

Tidak hanya itu, mahasiswa diajarkan mulai dari bagaimana mengambil dan mengolah data dari pasien. Mahasiswa juga dikenalkan dengan berbagai alat yang digunakan di rumah sakit seperti MRI scan, yang untuk mendeteksi berbagai penyakit pasien.

 

Kaprogdi Teknik Biomedis S1 Dr. Aripin, M.Kom menjelaskan kegiatan kerja praktek yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut dari kerjasama dengan pihak rumah sakit. “Kegiatan Kerja Praktek ini dapat terselenggara sebagai tindak lanjut dari MoU yang telah terjalin antara RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang dengan Progdi Teknik Biomedis Udinus.  Dengan adanya kerjasama tersebut, para mahasiswa progdi Teknik Biomedis akan dapat mengikuti kerja praktek dan mempraktekkan ilmunya. Setelah kerja praktek batch pertama, batch kedua akan dilaksanakan pada 13 Juni hingga 13 Juli 2019,” jelas Aripin.

Telah ada beberapa instansi yang menjalin kerja sama dengan Progdi Teknik Biomedis Udinus, diantaranya Perguruan Tinggi Negeri, Perusahaan Alat Kesehatan, Distributor Alat Kesehatan dan Rumah Sakit. Pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020, Teknik Biomedis masih membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa yang ingin bergabung memperdalam ilmu mengenai Biomedis. Pendaftaran calon mahasiswa baru akan dibuka hingga 23 Agustus 2019.

 

Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos, M.Si berharap adanya kerja praktek mampu menambah pengetahuan serta pengalaman mahasiswa dalam dunia kerja. “Kerja praktek merupakan langkah maju yang mampu menuntun mahasiswa Udinus menjadi mahasiswa yang aktif dan siap untuk bekerja,” tutur Agus. (*Humas Udinus/via/AT. Foto : dok. Biomedis)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)