UDINUS PANTAU MAHASISWA DARI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA MELALUI TES URIN.


UDINUS PANTAU MAHASISWA DARI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA MELALUI TES URIN.

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) selalu berupaya mengedukasi mahasiswanya dari penyalahan narkotika dengan mengadakan tes urin.  Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin sebagai langkah Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan kampus.

 

150 mahasiswa yang mengikuti kegiatan tes urin tersebut telah diarahkan ke gedung D lantai 4 kampus Udinus. Bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi, tes urin menjadi salah satu aganda rutin udinus untuk mengawasi mahasiswanya dari penyalahgunaan narkotika.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat BNN, Yustina Martin memuji komitmen Udinus yang rutin menggelar kegiatan ini. “Saat ini Indonesia diresahkan dengan penyalahgunaan narkotikaa oleh anak muda, melalui tes urin ini mampu memantau apakah ada penyalahgunaan narkotika di lingkungan kampus,” ujar Yustina.

 

Ia juga menjelaskan apabila terdapat hasil positif penggunaan narkotika dari mahasiswa akan segera diadakan tindak lanjut dengan melakukan rehabilitasi. Hal tersebut berguna untuk menyembuhkan mahasiswa dari penggunaan narkotika. “Apabila terdapat hasil yang positif, kami akan segera menindaklanjuti. Dengan mengadakan tes ulang dan membawanya ke laboratorium, memastikan apakah hasil tersebut memang positif. Jika benar, kami akan segera melakukan rehabilitasi untuk kesembuhan pengguna,” imbuhnya.

 

Kegiatan yang rutin dilakukan setiap satu semester sekali ini menjadi sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat menjaga diri dari penyalahan penggunaan narkotika. “Adanya tes urin seperti ini sangat bermanfaat, terutama untuk diri sendiri. Karena kita dapat menjaga dan menjauhkan diri dari penggunaan narkoba. Saya harap kegiatan ini selalu diadakan, dan mahasiswa yang diuji juga kooperatif, ” ujar Ari Yahya, mahasiswa D3 TI yang mengikuti tes urin.

 

Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos. M.Si berharap dengan adanya kegiatan tersebut mampu memicu kesadaran mahasiswa mengenai bahaya penggunaan narkoba. “Mahasiswa adalah masa depan bangsa, dengan adanya kegiatan tersebut selain Udinus dapat mengawasi, mahasiswa juga mampu menjaga diri dari penyalahgunaan narkotika,” tutur Agus. (*Humas Udinus/via/AT. Foto. Nuvia KHN)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)