Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) siap kembangkan kelurahan pendrikan Kidul sebagai kampung animasi dengan memberikan pelatihan pembuatan animasi. Program tersebut masuk dalam Program Kemitraan Masyarakat Udinus dan telah didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi  Republik Indonesia (Kemenristekdikti).

 

Dalam pelatihan pembuatan animasi tersebut, peserta berasal dari Karang Taruna Pandawa Lima Kelurahan Pendrikan Kidul  Semarang Tengah. Mereka diajarkan berbagai hal dalam pembuatan animasi, mulai dari merancang hingga membentuk animasi secara sempurna dan kemudian akan diupload di youtube. Pelatihan yang bertemakan ‘Pemberdayaan Remaja Usia Produktif Melalui Pendekatan Technopreneurship Dalam Bisnis Industri Kreatif’ diadakan di Studio Animasi Udinus yang berlokasi di Gedung H lantai 4.

 

Ketua tim PKM sekaligus Ketua Program studi Animasi D-4, Dr. Khafiizh Hastuti M.Kom berujar bahwa mengembangkan kampung animasi merupakan bentuk implementasi dari technopreneurship dan akan dikembangkan melalui organisasi kepemudaan karang taruna.  Tak hanya diberikan pelatihan saja, nantinya juga akan diberikan pendampingan dan evaluasi secara berkala.

“Evaluasi akan dilakukan dengan melihat dari jumlah penonton dan subscriber di youtube karang taruna Pandawa Lima Kelurahan Pendrikan Kidul Semarang Tengah. Kami akan berikan pelatihan dan pendampingan secara berkala agar mampu sukses untuk program ini,” ujarnnya saat memberikan pelatihan kepada karang taruna.

 

Ia pun menargetkan Karang Taruna Pandawa  Lima  dari Kelurahan Pendrikan Kidul dapat memproduksi animasi pendek yang berdurasi sekitar 1-3 menit. Mereka nantinya juga akan memiliki akun youtube dan dikelola secara mandiri.

“Mitra-mitra dalam program ini akan dibekali dan diberikan transfer ilmu produksi animasi secara sederhana dan juga publikasi di media sosial youtube. Sekaligus meningkatkan sumber daya manusia di lingkungan Pendrikan Kidul,” jelasnya.  

 

Pelatihan yang didanai oleh Kemenristekdikti ini dihadiri juga Kepala Kelurahan Pendrikan Kidul Tati Trianingsih, SH dan dosen-dosen dari progdi Animasi D-4 Udinus.

Satu diantara peserta dari Karang taruna Pandawa Lima, Adinda Putri merasa senang mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Udinus. Menurutnya animasi merupakan sesuatu yang menyenangkan.

“Ini baru pertama kali saya belajar animasi, biasanya hanya melihat di televisi dan internet saja. Namun ternyata proses pembuatannya lumayan sulit tetapi menyenangkan,” imbuhnya

 

Sementara itu, Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos, Msi berharap agar kegiatan tersebut dapat membantu generasi muda mengembangkan bakatnya. “Ini kegiatan yang bagus dan berharap terus berkelanjutan untuk pengembangan SDM Indonesia kedepan,” tutupnya. (*Humas Udinus/lex/AT. Foto : Alex Devanda)