Bagi sebuah program studi (prodi) akan mendapatkan jaminan dari pemerintah bahwa prodi tersebut telah memenuhi standar mutu, jika telah ditetapkan akreditasinya oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pada Rabu-Jumat (11-12/9/2019), tim asesor BAN-PT mengunjungi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk melakukan visitasi lapangan di Prodi D-4 Manajemen Perhotelan (Manahot).

 

Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus, Dr. Raden Arief Nugroho menjelaskan bahwa  kehadiran tim BAN-PT merupakan tindak lanjut dari pengajuan borang Prodi Manajemen Perhotelan D-4 beberapa waktu sebelumnya. “Kami terus berbenah diri dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Udinus, khususnya Progdi Manajemen Perhotelan D-4,” ungkapnya saat menyambut kedatangan asesor BAN-PT.

 

Dua asesor dari BAN-PT yang melakukan visitasi yakni Amelda Pramezwary, Dr. A.Par., MM.ST.Par dan Yohanes Sulistyadi, Dr. Drs., S.Pd., M.Pd . Pada kesempatan tersebut mereka melakukan kunjungan ke laboratorium Perhotelan yang ada di gedung G  lantai 4 Udinus. Laboratoriumnya meliputi lab front office, lab housekeeping, dan lab food and beverage. Dilanjutkan dengan mendengarkan paparan dari progdi Manajemen Perhotelan D-4 Udinus. “Kegiatan visitasi yang berlangsung selama 3 hari ini memeriksa kesesuaian borang yang dikirim oleh prodi Manajemen Perhotelan Udinus. Semoga hasil yang terbaik akan kami sandang demi memajukan pendidikan khususnya di bidang perhotelan,” tambah Raden Arief.

 

Prodi Manajemen perhotelan D-4 merupakan program studi baru yang masuk dalam Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus. Progdi tersebut  berkembang seiring dengan makin banyaknya antusiasme masyarakat terhadap dunia pariwisata dan maraknya perhotelan di Indonesia khususnya Jawa Tengah. ”Banyak saran dan masukan yang bermanfaat untuk prodi Manajemen Perhotelan yang diberikan oleh asesor untuk perbaikan kedepannya, sehingga kualitas pendidikan di prodi Manajemen Perhotelan Udinus ini menjadi lebih baik lagi,” kata Dr.Sunardi,S.S. M.Pd  merupakan ketua program studi Manajemen Perhotelan D-4 Udinus. (*Humas Udinus/lex. Foto : FIB)