GURU BESAR IPB AJAK MAHASISWA UDINUS CIPTAKAN AI YANG BERMANFAAT BAGI BANYAK ORANG


GURU BESAR IPB AJAK MAHASISWA UDINUS CIPTAKAN AI YANG BERMANFAAT BAGI BANYAK ORANG

 

“Membangun artificial intelligence (AI) harus mampu menciptakan AI yang bermanfaat bagi banyak orang. Bukan menciptakan AI yang digunakan untuk hal negatif,” ujar Prof. Dr.ir Marimin ,M.Sc merupakan guru besar dari Institut Pertanian Bogor (IPB) saat menyampaikan paparannya di depan ratusan mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus), Senin (21/10/2019).

 

Kegiatan tersebut diadakan di gedung E lantai 3 Udinus dan diikuti sekitar 300 peserta. Peserta yang berjumlah ratusan berasal dari Fakultas Teknik dan ormawa di Udinus. Kegiatan kuliah umum yang diisi oleh guru besar asal IPB ini, bertajuk ‘Engineering Application of Artificial Intelligence For Supporting Industri 4.0’.

 

Artificial intelligence atau AI sendiri merupakan kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah. Istilah ini juga dapat diterapkan pada mesin apa pun yang menunjukkan sifat-sifat yang terkait dengan pikiran manusia. Dimana prosesnya termasuk dengan pembelajaran (perolehan informasi dan aturan untuk menggunakan informasi), penalaran (menggunakan aturan untuk mencapai perkiraan kesimpulan yang pasti) dan koreksi diri, dilansir dari search enterprise AI dan Investopedia.

 

Prof. Marimin dalam paparannya berpesan agar para programmer harus tetap  mengedepankan moral, agar AI yang dibuat tidak menjadi bencana bagi umat manusia. Menurutnya, AI menjadi sesuatu hal yang sangat membantu bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu.   Ungkapnya, banyak tantangan kedepan dari AI, dua diantaranya yakni responsif untuk kendaraan ketika menghindari kecelakaan dan pengajaran berbasis digital. “AI banyak dimanfaatkan yang paling besar di dunia militer, kemudian berlanjut ke perbankan dan pengguna tertinggi ketiga yakni dunia kesehatan. Menurut saya, orang yang kaya bukanlah orang yang banyak memiliki harta, tetapi orang yang mampu responsif terhadap perubahan,” tegasnya saat memberikan wejangan kepada para mahasiswa Udinus.

 

Kuliah umum yang diisi oleh guru besar IPB dan dimoderatori oleh Rindra Yusianto S.Kom, MT diadakan oleh program studi Teknik Industri Fakultas Teknik Udinus. Pada kegiatan tersebut, para mahasiswa antusias mendengarkan berbagai paparan dan ilmu yang diberikan oleh Prof. Dr.ir Marimin ,M.Sc. (*Humas Udinus/Alex. Foto: Alexander Devanda)

 

 

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)